Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Nama Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu, Selengkapnya

Sarjanakucing21 - BLT BBM menjadi bantuan sosial selanjutnya yang akan diberikan pemerintah pada masyarakat kurang mampu. Sederet hal wajib dipahami untuk Anda yang mungkin masuk dalam daftar ini. Cara Cek nama penerima BLT BBM, kemudian jadwal pencairan, serta cara pencairannya, bisa Anda temukan di sini.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth II Meninggal Di Usia 96 Tahun, Begini Riwayat Sakitnya

Dilansir dari Suara.com, Pemerintah menggulirkan BLT BBM sebesar RP 600 ribu untuk masyarakat miskin. Untuk memastikan Anda mendapatkan BLT BBM, Anda harus cek nama penerima BLT BBM terlebih dahulu melalui situs Cek Bansos Kemensos. 

BACA JUGA: Kesehatan Ratu Inggris Elizabeth Semakin Memburuk Dan Selalu Dalam Pantauan Tim Medis

Cara Cek Nama Penerima BLT BBM

Untuk cara cek nama penerima BLT BBM sendiri langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka browser dari perangkat Anda, dan masuk ke https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Masukkan data wilayah, mulai dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa
  • Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan data di eKTP
  • Masukkan kode captcha yang terdiri dari 8 huruf
  • Kemudian klik tombol Cari Data
  • Tunggu beberapa saat, jika nama Anda muncul, maka Anda merupakan penerima manfaat yang terdata di DTKS dan berhak memperoleh BLT BBM sebesar Rp600.000

Jadwal Pencairan BLT BBM

Lalu kapan jadwal pencairan BLT BBM mulai dilaksanakan?

Menurut kabar dari artikel terkait di suara.com, BLT BBM akan telah mulai dicairkan sejak tanggal 1 September 2022 lalu. Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kompleks Istana Presiden pada Senin, 29 Agustus 2022 lalu.

Penyaluran BLT BBM kemudian dilakukan dalam dua tahapan berbeda, masing-masing dengan besaran Rp300.000. Artinya, total manfaat yang akan diterima oleh masyarakat yang masuk dalam daftar milik DTKS adalah sebesar Rp600.000.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Bansos BLT BBM, Berikut Cara Ajukan Bansos BLT BBM

Penyalurannya sendiri akan dilaksanakan oleh PT Pos. PT Pos kemudian akan mengantarkan bantuan ini pada penerima manfaat, atau penerima manfaat bisa langsung mendatangi PT Pos. Yang pasti, PT Pos berkewajiban melaporkan penyaluran BLT BBM pada Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

BACA JUGA: Cara Download MP3 TikTok Tanpa Watermark Secara Gratis Mengunakan SnapTik

Bagaimana Cara Pencairannya?

Untuk cara pencairannya sendiri, seperti sudah disinggung sekilas pada bagian keuda tadi. Pihak PT Pos akan mengirimkan bantuan ini, atau penerima manfaat bisa mendatangi Kantor Pos untuk mencairkan bantuan yang menjadi haknya.

BACA JUGA: Cara Membuat Tulisan Warna - Warni Di WhatsApp, Selengkapnya

Datang ke Kantor Pos yang telah ditunjuk, biasanya merupakan Kantor Pos terdekat dari lokasi Anda sebagai penerima, sesuai dengan jadwal yang telah diberikan. Kemudian Anda bisa mengambil nomor antrean, dan menunggu hingga nomor Anda dipanggil.

BACA JUGA: Cara Transfer OVO Ke DANA Dengan Mudah, Selengkapnya

Serahkan berkas dan dokumen yang diperlukan, seperti surat undangan, eKTP, dan KK, pada pegawai Kantor Pos yang bertugas. Jika dokumen dinyatakan valid, maka Anda bisa langsung menerima BLT BBM sebesar Rp300.000. Tidak sulit bukan?

Sumber: Suara.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari sarjanakucing21.com di Google News

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nama Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu, Selengkapnya"

               
         
close