Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mendaftar Peserta Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

Sarjanakucing21 -

 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki tugas dan mandat khusus untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan nasional kepada seluruh rakyat Indonesia.


BACA JUGA: Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak Begini Caranya

Mengutip laman resmi perusahaan, Rabu (10/8/2022), para peserta BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua kelompok yaitu penerima bantuan iuran jaminan kesehatan dan bukan penerima iuran jaminan kesehatan.

Dilansir dari CNBCindonesia.com, Beragam manfaat bisa Anda dapatkan dari keikutsertaan dalam program BPJS Kesehatan, misalnya seperti pelayanan kesehatan tingkat pertama layaknya Puskesmas, dokter praktik pribadi, hingga rawat jalan.

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi Gagal Booting Windows 11, Selengkapnya

Para peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk selalu membayar iuran setiap bulannya. Namun, terungkap ada cara agar Anda tak perlu terbebani dengan pembayaran iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah menjadi peserta penerima iuran bantuan (PBI) yang memang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Artinya, tidak semua orang bisa mendapatkan layanan tersebut.

Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai PBI, ada beberapa persyaratan administrasi yang perlu Anda penuhi.

BACA JUGA: 6 Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps, Selengkapnya

Berikut Cara Mendaftar Peserta Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

  1. Mengisi Formulir Daftar Isian Peserta Elektronik
  2. Melengkapi persyaratan administrasi sesuai dengan layanan yang dibutuhkan
  3. Memberikan persetujuan layanan administasi

Nantinya persyaratan administrasi kepesertaan akan disesuaikan dengan ketentuan masing-masing jenis kepesertaan BPJS Kesehatan. Adapun penetapan peserta nanti akan merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA: 3 Cara Transfer Pulsa Tri 3 Ke Telkomsel Mudah Dan Gampang, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan PBI hanya dapat dilakukan melalui pendataan Kementerian Sosial/Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Barulah setelah itu kepesertaan BPJS Kesehatan PBI akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri Sosial dan didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan kepada BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Mudah! 6 Cara Nonaktifkan Akun Instagram, Selengkapnya

Dengan kata lain, masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI harus terlebih dahulu terdaftar dalam DTKS. Barulah kemudian yang bersangkutan bisa meminta pihak Kementerian Sosial/Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk didaftarkan sebagai peserta PBI.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Paket Darurat Telkomsel Dan Cara Pembayaran Paket Darurat Telkomsel

Mengingat penjaminan layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan PBI mengacu pada DTKS, maka apabila terdapat masyarakat yang belum terdaftar dalam DTKS sebagai PBI, yang bersangkutan dapat dilaporkan kepada Dinas Sosial untuk didaftarkan dalam DTKS PBI yang aktif di bulan berikutnya.

Sumber: CNBCindonesia.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari sarjanakucing21.com di Google News

Posting Komentar untuk "3 Cara Mendaftar Peserta Bantuan Iuran BPJS Kesehatan"

               
         
close