Telusuri

Inilah 9 Manfaat Terong Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui


Sarjanakucing21 - Terong merupakan sayuran yang cukup populer di Indonesia. Terong termasuk dalam keluarga tumbuhan nightshade dan digunakan dalam banyak hidangan berbeda di seluruh dunia.

Terong, sayuran yang mudah ditemukan dipasar tradisional hingga swalaya. Harga sayuran Terong cukup terjangkau. 


Ada banyak jenis terong yang bervariasi dalam ukuran dan warna. Terong dengan warna ungu tua merupakan yang paling sering dikonsumsi. 

Terong cocok dibudidayakan di daerah dengan suhu 22 derajat sampai 30 derajat. Tanaman terong akan tumbuh maksimal bila mendapatkan sinar matahari langsung. 

Melansir dari buku berjudul Ensiklopedia Terong: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya, dan Peluang Bisnisnya, terong mengandung serat, mangan, folat, kalium, vitamin K, C, magnesium, dan tembaga. 


Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang baik terong mempunyai beberapa manfaat untuk keaehatan. Berikut manfaat terong untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis 

Terong mengandung banyak antioksidan yang berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. 

Tidak hanya itu, antioksidan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit kronis.


2. Mendukung kesehatan jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan dalam terong semuanya mendukung kesehatan jantung.

Melansir Medical News Today, sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2019, menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk antosianin yang dapat ditemukan dalam terong, membantu mengurangi penanda inflamasi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Siapa Yang Tidak Tahu Petai? Sayuran Yang Kerap Dijadikan Lalapan Dengan Aroma Yang Khas Ternyata Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Loh, Berikut Penjelasannya

Dalam penyelidikan lain, para peneliti menyimpulkan bahwa wanita dengan asupan antosianin yang tinggi tampaknya memiliki tekanan darah yang lebih rendah secara signifikan dan pengerasan arteri yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan lebih sedikit senyawa ini.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Menambahkan terong ungu ke dalam menu harian Anda, dapat membantu kadar gula darah di tubuh jadi lebih terkontrol. Manfaat terong ungu ini didapatkan dari kandungan serat yang dimilikinya.Serat dapat menghambat pencernaan dan penyerapan gula di tubuh. Penyerapan yang lebih lambat, membuat kadar gula darah di tubuh menjadi semakin stabil. BACA JUGA: 5 Khasiat Dari Kulit Melinjo Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Berikut Penjelasannya4. Mencegah Kanker 

Kanker salah satu penyakit yang mengancam nyawa. Konsumsi terong secara rutin bisa menurunkan risiko kanker lambung, kolorektal, kandung kemih, serviks, dan payudara. 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, membuat terong ungu menjadi makanan ideal untuk yang sedang melakukan program diet dan juga bisa menggunakan terong sebagai pengganti bahan makanan lain yang lebih tinggi kalori.BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Daun Melinjo Yang Jarang Diketahui Kebanyakan Orang
6. Menurunkan Tekanan Darah 

Terong baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Sebab, terong mengandung kalium dan berbagai vitamin yang berperan menurunkan tekanan darah tinggi. 

7. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat terong ungu yang satu ini memang belum banyak diketahui. Padahal, sayuran ini sangat baik untuk orang yang berisiko tinggi mengalami pengapuran tulang osteoporosis. Manfaat ini didapat dari kandungan phenolic yang ada di dalamnya. Komponen ini, dipercaya bisa memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Terong juga mengandung zat besi dan kalsium yang sudah terbukti baik untuk kesehatan tulang.BACA JUGA: Pola Makan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru Paru
8. Menjaga Kesehatan Mata 

Terong juga mengandung lutein serta zeaxanthin, yang berperan untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi makula yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang tua. 


9. Menjaga kesehatan hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama anthocyanin. Kandungan antioksidan ini dipercaya dapat melindungi hati dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.
Baca Selanjutnya... Mengkonsumsi Labu Siam Bisa Mengontrol Tekanan Darah Tinggi, Inilah 7 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

Posting Komentar

0 Komentar