Siapa Yang Tidak Tahu Petai? Sayuran Yang Kerap Dijadikan Lalapan Dengan Aroma Yang Khas Ternyata Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Loh, Berikut Penjelasannya


Sarjanakucing21 - Petai salah satu lalapan makanan yang paling populer, penggemar kuliner nusantara pasti sudah tidak asing dengan petai. 

Makanan khas yang kerap dikonsumsi sebagian masyarakat Indonesia ini begitu terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas.

BACA JUGA: 5 Khasiat Dari Kulit Melinjo Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Berikut Penjelasannya

Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Di beberapa negara, sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini juga digunakan sebagai obat herbal tradisional karena diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Petai

BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Daun Melinjo Yang Jarang Diketahui Kebanyakan Orang

Melansir dari Alodokter.com Petai memiliki kandungan 90 - 150 kalori, petai juga mengandung beberapa nutrisi, sepertiseperti:

Protein.

Karbohidrat.

Serat.

Lemak.

Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, zinc, magnesium, dan tembaga.

Beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B1, dan vitamin E.

Selain nutrisi tersebut, petai juga kaya akan antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan superoxide dismutase (SOD).

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasanya

Manfaat Petai Untuk Kesehatan 


Dengan aromanya yang khas, petai juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh, berikut manfaat petai yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: 8 Manfaat Tanaman Suruh Yang Baik Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui

1. Membantu Menambah Stamina 

Petai mengandung tiga unsur gula yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Selain itu petai juga kaya akan serat. 

Berdasarkan riset petai bisa mengasilkan cukup energi instan selama 90 menit.


2. Membantu Melawan Radikal Bebas

Petai merupakan salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Food and Drug Administration (FDA) menyatakan petai bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Petai mengandung kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

4. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik. Dengan memenuhi asupan serat yang cukup, maka akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Mengkonsumsi Gingseng Untuk Kesehatan Dan Apa saja yang perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsinya

Selain itu, serat juga akan membuat merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa berkurang. Hal ini menjadikan petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

5. Menjaga Kesehatan Jantung 

Petai mengandung kalium, magnesium, serta mineral yang bisa menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6. Anemia 

Petai kaya akan kandungan zat besi yang bisa merangsang produksi hemoglobin dalam darah yang dapat mengatasi anemia. 

Tidak ada komentar untuk "Siapa Yang Tidak Tahu Petai? Sayuran Yang Kerap Dijadikan Lalapan Dengan Aroma Yang Khas Ternyata Mempunyai Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Loh, Berikut Penjelasannya"