6 Fakta Unik Mengenai Candi Borobudur Dibalik Nilai Sejarahnya Yang Tinggi

Sarjanakucing21 - Candi Borobudur merupakan sebuah candi yang mempunyai sebuah nilai sejarah, tak hanya mempunyai nilai sejarah Candi Borobudur, tetapi memiliki pesona keindahan arsitektur yang khas bergaya candi Buddha.

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi yang didirikan pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra pada Kerajaan Mataram Kuno ini merupakan situs arkeologi candi Buddha yang terbesar di dunia.

Megahnya bangunan dengan arsitektur unik Candi Borobudur tidak pernah gagal membuat para wisatawan terpesona. Candi Borobudur ini menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan bila berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah.

Dibalik penosanya yang indah dan kaya akan nilai sejarahnya, Candi Borobudur mempunyai fakta yang unik yang harus kamu ketahui, berikut faktanya:

BACA JUGA: 5 Fakta Mengenai Tengelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402 Di Perairan Bali, Kapal Terbelah Menjadi Tiga

1. Memiliki Ukuran Tapak Candi Sangat Luas

Melansir dari Kompas.com. Candi borobudr memiliki ukuran tapak candi yang sangat luas. Ukurannya yakni 123 x 123 meter persegi. Sementara itu, tinggi Candi Borobudur adalah 35,40 meter, terdiri dari 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk.

BACA JUGA: 7 Jembatan Di Indonesia Yang Menyimpan Misteri Dibalik Keindahannya !!!

2. Pencurian Arca Marak Terjadi

Arca kepala Budha asli marak dicuri untuk kemudian dijual di pasar barang antik, kolektor, dan pasar ilegal. Dari 504 arca buddha, banyak archa ditemukan dalam kondisi tanpa kepala.

BACA JUGA: Kesaksian Presiden Soekarno Gagal Di Tembak Oleh Seorang Pembunuh Pada Saat Idul Adha !!

3. Memiliki Ansambel Relief Paling Lengkap Di Dunia

Di dalam Candi Borobudur, terdapat 2.672 panel. Ansambel reliefnya paling lengkap di dunia dan tidak ada yang menandingi nilai seninya karena setiap adegannya merupakan mahakarya utuh. Selain itu, ada 504 patung Buddha. Akan tetapi, panel belum lengkap karena 160 di antaranya ditimbun karena dianggap dan vulgar.

BACA JUGA: Apple Resmi Meluncurkan 4 Smartphone Baru Dan Berapa Harganya? Berikut Benjelasanya

4. Candi Borobudur Pernah Di Bom

Dua tahun setelah pemugaran ke-2, 21 Januari 1985 sebanyak 13 bom diletakkan pelaku di sejumlah stupa kecil. 9 dari 13 bom tersebut meledak dan menghancurkan ratusan balok batu stupa. Aksi pemboman berkaitan dengan pemahaman radikal.

BACA JUGA: 5 Khasiat Dari Kulit Melinjo Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Berikut Penjelasannya

5. Didirikian Pada Masa Pemerintahan Dinasti Syailendra

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan 9 sekitar tahun 800 masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra, yang merupakan penganut agama Buddha Mahayana.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasanya

Menurut prasasti Karangtengah, Candi Borobudur dibandung pada 824 masehi oleh Raja Samaratungga ketika masa Wangsa Syailendra. Pembangunan Candi Borobudur selesai pada 874 masehi oleh Ratu Prabudawardhani, putri Samaratungga.

6. Mendirikan Warung Kopi Di Puncak Stupa

Pemerintah Hindia Belanda sempat mendirikan warung kopi di puncak stupa saat pertama kali ditemukan.

BACA JUGA: Pola Makan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru Paru

Nah Itulah Fakta unik mengenai Candi Borobudur yang banyak orang tidak tahu. 

Tidak ada komentar untuk "6 Fakta Unik Mengenai Candi Borobudur Dibalik Nilai Sejarahnya Yang Tinggi"