Terkenal Dengan Rasanya Yang Asam Buah Blimbing Wulu Ternyata Mempunyai Khsiat Untuk Kesehatan TubuH loh, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Siapa yang tidak kenal Blimbing Wuluh? Blimbing wuluh terkenal dengan rasanya yang sangat asam dan menyegarkan. Belimbing wuluh kerab diolah menjadi campuran menu masakan.

Tanaman belimbing wuluh cukup mungil karena hanya setinggi 10 meter. Belimbing wuluh bisa ditanam di dalam polybag.


Selain sebagai bahan tambahan makanan, belimbing wuluh juga mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan loh. 

Kandungan Nutrisi Yang Ada Di Blimbing Wuluh

Dikutip Dari Alodokter  dalam 100 gram belimbing wuluh, terkandung sekitar 30 gram kalori dan beragam nutrisi berikut ini:


2,8 –3 gram serat
6,7 gram karbohidrat
60 IU vitamin A
35 miligram vitamin C
0,15 miligram vitamin E
12 mikrogram folat
130 miligram kalium
10 miligram magnesium
0,12 miligram zinc

Belimbing wuluh juga mengandung vitamin B dan beragam jenis antioksidan, seperti lutein, zeaxhantin, dan flavonoid.

BACA JUGA: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa, Simak Berikut Ini

Manfaat Blimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang asem dan membuat menjadi segar, blimbing wuluh juga kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, berikut manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 

Belimbing wuluh dipercaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan belimbing wuluh mengandung kalium yang berperan sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh.

BACA JUGA: Kahisat Dari Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut Penjelasannya

Untuk mengobati darah tinggi caranya yaitu, cukup siapkan tiga buah belimbing wuluh dan biji sriganding 25 gram. 

Tumbuk biji sriganding sampai halus. Setelah itu, rebus serbuk biji sriganding bersama dengan belimbing wuluh dan empat gelas air. 

Dinginkan saring air rebusan belimbing wuluh yang sudah mendidih. minum air rebusan tersebut satu gelas per hari.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Blimbing wulu mempunyai kandungan flavonoid dan serat makanan yang mampu bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan, sehingga membantu mengendalikan gejala diabetes.


3. Mengobati Sariawan

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkann sariawan. 

Mengonsumsi buah belimbing wuluh segar saat menderita sariawan. Saat sudah sembuh, ada baiknya tetap mengonsumsi belimbing wuluh setiap hari untuk mencegah sariawan datang kembali.

BACA JUGA: Sering Mengonsumsi Daun Singkong?Ketahui Manfaatnya Mengonsumsi Daun Singkong Untuk Kesehatan

4. Program Diet

Bagi kamu yang menjalankan program diet secara alami blimbing wuluh adalah salah satunya.

Di dalam buah ini terdapat serat. Mengonsumsinya maka serat ini bisa membuat kamu lebih cepat kenyang dan kenyang lebih lama juga. Dengan begini, keinginan kamu untuk makan kemudian akan berkurang.


5. Mengobati Batuk

Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, bunga belimbing wuluh efektif mengobati batuk. 

Untuk membuat obat batuk dari bunga belimbing wuluh cukup mudah. Siapkan bunga belimbing wuluh satu genggam, adas manis secukupnya, air /4 gelas, dan gula batu.

BACA JUGA: Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Rebus semua bahan di atas sampai mendidih. Cukup minum dua sendok makan air rebusan bunga belimbing wuluh dua kali sehari.

6. Menjaha Kesehatan Tulang

Belimbing wuluh juga kaya akan kalsium, sehingga manfaat belimbing wuluh juga meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga integritas struktural kerangka dalam tubuh.

Mengonsumsi ekstrak belimbing wuluh dalam bentuk buah kering, akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tulang.

BACA JUGA: Pahit Tetapi Kaya Akan Vitamin Dan Mineral, Inilah Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

7. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pemmbuluh Darah

Belimbing wuluh diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin C, dan kalium di dalamnya.

Kalium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, sedangkan serat dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Kandungan vitamin C di dalam belimbing wuluh juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

BACA JUGA: 8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Buah belimbing wuluh juga termasuk sebagai sumber antioksidan yang baik. Blimbing wuluh dapat mencegah kerusakan sel tubuh dan pertumbuhan sel kanker akibat paparan radikal bebas.


Baca selanjutnya...Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Tidak ada komentar untuk "Terkenal Dengan Rasanya Yang Asam Buah Blimbing Wulu Ternyata Mempunyai Khsiat Untuk Kesehatan TubuH loh, Berikut Penjelasannya"