Sayur Pakis Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut 7 Manfaat Sayur Pakis

Sarjanakucing21 - Daun Pakis dengan nama latin fiddlehead ferns adalah tumbuhan berdaun hijau yang mudah dijumpai di negara Asia, seperti Indonesia dan Malaysia.

Daun pakis sering diolah berbagai masakan, selain diolah sebagai makanan daun pakis juga menyimpan berbagai kahsiat untuk kesehatan tubuh loh.


Daun Pakis memiliki beberapa kandungan nutrisi, yaitu:

Kalori: 40

Karbohidrat: 6 gram

Potasium: 370 mg

Vitamin A: 80% AKG

Vitamin C: 50% AKG

Kalsium: 4%

Zat besi: 8%

Serat: 25 gram

Manfaat Daun Pakis Untuk Kesehatan

Tanaman yang hidup di tepian sungai ini sering digunakan sebagai bahan olahan untuk sop, tumis dan lain - lain. Sayuran ini kaya akan nutrisi, tidak heran jika sayuran ini mempunyai banyak manfaat. Berikut manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sayur pakis juga kaya akan vitamin C yang juga bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C juga sangat krusial untuk menjaga kekebalan tubuh serta melindungi dari infeksi. Selain itu, vitamin C juga mencegah tekanan darah tinggi, membantu memulihkan luka, dan melindungi mata dari risiko penyakit katarak.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Tanaman pakis juga kaya akan kalium yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan tubuh dan takaran kalium yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Mengkonsumsi Gingseng Untuk Kesehatan Dan Apa saja yang perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsinya

3. Menjaga Kesehatan Mata

Pakis termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A. Vitamin ini penting karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi. Tak hanya itu, vitamin A juga membantu menjaga kulit dan mata tetap lembap.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

4. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti kebanyakan sayur hijau lainnya, sayur pakis juga kaya akan kandungan antioksidan sehingga sayuran ini diduga memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker.

Antioksidan seperti beta - karoten, vitamin A dan vitamin C melindungi sel dari radikal bebas penyebab kanker dan menstabilkan radikal bebas, sehingga menurunkan risiko kanker.

BACA JUGA: Pola Makan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru Paru

5. Baik Untuk Produksi Sel Darah Merah

Cara untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang kaya zat besi tentu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti sayur pakis. Dengan menjaga zat besi tetap tercukupi, bisa menjadi sumber energi sekaligus mencegah anemia.

BACA JUGA: Berikut 8 Manfaat Daun Pegangan Untuk Kesehatan Tubuh, Berikut Penjelasannya

6. Menjaga Kepadatan Tulang

Daun pakis mempunyai mineral berupa mangan yang menjadi stimulus enzim penguat tulang. Tak hanya itu, mangan juga membantu menjaga kepadatan tulang. Ini penting untuk mencegah terjadinya osteoporosis terutama pada orang lansia. 


Lebih jauh lagi, mangan juga membantu mengendalikan metabolisme tubuh dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Bonusnya, fungsi tiroid juga terkendali sehingga tubuh semakin bugar.

7. Kaya Potasium
Sayur pakis juga merupakan sumber potasium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi elektrolit. Lebih jauh lagi, potasium juga bermanfaat untuk kekuatan otot, mencegah terjadinya kram, dan juga menjaga kesehatan tulang.

Nah itulah beberapa khasiat dari sayur Pakis untuk kesehatan.

Tidak ada komentar untuk "Sayur Pakis Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut 7 Manfaat Sayur Pakis"