Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Sarjanakucing21 - Buah Mengkudu diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yang paling terkenal adalah bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Buah ini memiliki aroma yang khas, buah mengkudu memang tidak mempunyai penampilan yang menarik dan rasa yang lezat.


Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol. Buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten. 

Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik.


Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Bagian tanaman mengkudu yang paling sering dijadikan obat herbal adalah buahnya. 

Biasanya, buah mengkudu dikonsumsi dengan cara diparut kemudian diperas. Sari buah mengkudu diminum dengan takaran yang disesuaikan penyakit yang diidap.


1. Menjaga Kesehatan Otak

Buah mengkudu bisanya dibuat sebagai jus yang dikenal untuk mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Mengkudu memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Antioksidan dalam mengkudu melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.


Sebuah studi di Jepang berbicara tentang bagaimana jus mengkudu dapat melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh stres

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Buah mengkudu mengandung polisakarida yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan kerja sel darah putih.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya

3. Mencegah Penyakit Kanker

Buah mengkudu memiliki kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker.

Buah mengkudu juga diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

4. Menurunkan Kolesterol 

Buah mengkudu baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Mengutip dari Kompas.com, sebuah hasil penelitian menyatakan minum jus mengkudu secara rutin selama satu bulan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah secara signifikan.


5. Mengobati Asam Urat 

Buah mengkudu juga banyak digunakan sebagai obat herbal asam urat. Karena, buah mengkudu memproduksi senyawa yang mampu menghambat enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat muncul.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jus mengkudu sangat kaya akan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi. Ini merupakan nutrisi penting untuk sistem pencernaan. Jika kamu menderita pencernaan yang lambat atau buang air besar yang lambat, mengkudu dapat memperbaiki keadaan tersebut.


7. Mengurangi Nyeri Sendi

Buah mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarhritis.


Baca sekanjutnya...Mengenal Daun Afrika Dan Ketahui Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui"