Mempunyai Aroma Yang Khas Daun Pandan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Daun Pandan kerap dimanfaat menjadi pewarna dan pewangi alami dalam berbagai masakan karena aromanya yang khas. 

Mengutip dari Healthline, pandan merupakan tanaman tropis yang populer di sejumlah negara seperti Sri Lanka, Thailand, dan Indonesia.

BACA JUGA: Kahisat Dari Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut Penjelasannya

Tanaman pandan memiliki daun berwarna hijau dan panjang seperti bilah. Bila disobek, daun pandan mengeluarkan aroma harum. Pandan mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Daun pandan memiliki kandungan vitamin A, zat besi, rendah kalori, dan kaya serat. Mengutip dari Tribunnews.com, daun pandan bersifat antibakteri dan antimikroba.


Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Terdapat segudang manfaat dari daun pandan yang dapat diperoleh. Berikut manfaatnya untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan kandungan beta-karoten pada daun pandan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula.

BACA JUGA: Sering Mengonsumsi Daun Singkong?Ketahui Manfaatnya Mengonsumsi Daun Singkong Untuk Kesehatan

2. Mengontrol Kadar Gula Darah 

Pandan bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Hasil penelitian yang dilakukan kepada 30 orang dewasa menunjukkan kadar gula darahnya normal dengan meminum teh pandan hangat.

BACA JUGA: Mengenal Daun Afrika Dan Ketahui Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

3. Meredakan Nyeri Sendi

Minyak yang dibuat dari ekstrak daun pandan sudah dikenal dengan khasiatnya dalam meredakan nyeri sendi. Manfaat daun pandan ini dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan mengandung banyak senyawa bioaktif yang dipercaya mampu meredakan gejala nyeri sendi dan artritis.

BACA JUGA: Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

4. Mengatasi Masalah Diare 

Mengutip dari situs Grid.id, daun pandan memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membuatnya efektif menyembuhkan diare. 

Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup minum air rebusan daun pandan setiap pagi dan sore hari sampai sembuh.

BACA JUGA: Pahit Tetapi Kaya Akan Vitamin Dan Mineral, Inilah Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

5. Mencegah Penyakit Jantung

Daun pandan memiliki kandungan senyawa karotenoid yang cukup tinggi. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah jantung akibat penumpukan plak (aterosklerosis). Dengan begitu, terhindar dari risiko menderita penyakit jantung koroner.

BACA JUGA: 8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

6. Insomnia 

Pandan kandungan alkaloid yang memberikan efek menenangkan. Hal inilah yang membuat daun pandan efektif untuk mengobati insomnia. 

Caranya cukup rebus daun pandan lalu tambahkan satu sendok teh madu. Minum air rebusan daun pandan selagi hangat.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan beta-karoten pada daun pandan juga mampu menjaga penampilan dan meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan ini dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.


Baca selanjutnya...Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa, Simak Berikut Ini

Tidak ada komentar untuk "Mempunyai Aroma Yang Khas Daun Pandan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya"