Kahisat Dari Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Daun Salam sering digunakan sebagai campuran makanan karena aromanya yang khas.


Terdapat banyak manfaat untuk kesehatan dari Daun Salam yang jarang diketahui banyak orang. Daun salam mempunyai kandungan senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh yang telah di rangkum dari berbagi sumber.


1. Menjaga Kesehatan jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam manfaat daun salam. Kedua senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

BACA JUGA: Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

2. Meredakan Asam Urat

Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun salam dengan air, lalu diminum air rebusannya.

BACA JUGA: Pahit Tetapi Kaya Akan Vitamin Dan Mineral, Inilah Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

3. Menurunkan Kadar Gula Darah Atau Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun salam telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah. 

Untuk pasien yang berisiko terkena diabetes atau tengah menderita diabetes, manfaat daun salam secara teratur dapat secara signifikan menurunkan kadar diabetes.

BACA JUGA: 8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

4. Antioksidan Yang Tinggi

Ekstrak daun salam menunjukkan kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat banyak bagi tubuh manusia, seperti melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

5. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Menurut jurnal 2019 yang diterbitkan dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, manfaat daun salam tidak hanya menambah cita rasa yang enak pada makanan, tetapi juga membantu meredakan sakit perut, infeksi saluran cerna, perut kembung, kembung, sembelit, dan diare.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya

6. Antikonvulsan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed NCBI tahun 2002 menunjukkan bahwa daun salam memiliki efek antikonvulsan atau bisa digunakan untuk meredakan kejang.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan rambut dan menghilangkan ketombe denfan mengunakan daun salam. Karena, Senyawa dalam daun salam dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Daun Pepaya Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Caranya yaitu bisa dencoba dengan merendam daun salam dalam air dan kemudian menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas.

8. Mengurangi diatress

Daun salam mengandung zat bernama linalol yang mampu menurunkan hormon stress dalam tubuh. Zat ini biasanya banyak terkandung di dalam aromaterapi.


Baca selanjutnya...Apa Itu Buah Mahkota Dewa? Dan Apa Saja Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Tidak ada komentar untuk "Kahisat Dari Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut Penjelasannya"