Inilah Manfaat Mengkonsumsi Gingseng Untuk Kesehatan Dan Apa saja yang perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsinya

Sarjanakucing21 - Gingseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak ditemukan diberbagai negara Asia, seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok. Namun, tanaman ini juga dapat ditemukan di Amerika Utara.

Dua jenis ginseng yang umum ditemukan, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng).


Gingseng memiliki kandungan senyawa aktif yang dinamakan ginsenosides. Zat ini baik untuk kesehatan karena mengandung sifat antiradang, antikanker, dan antioksidan.

Tanaman ini mempunyai banyak kahsiat untuk kesehatan tubuh. Akar tanaman ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Biasanya akar ginseng dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh dan lain-lain.


Manfaat Gingseng Untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat manfaat untuk kesehatan tubuh bila mengonsumsi gingseng. Berikut manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Ginseng mempumyai kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasanya

Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit, seperti influenza, virus hepatitis C, respiratory syncytial virus (RSV), dan rotavirus.

2. Mengurangi Peradangan

Efek antiperadangan pada ginseng ini mungkin ada karena senyawa ginsenosida dalam ginseng.

Berdasarkan penelitian yang terbit dalam jurnal Biomolecules, senyawa ini dapat memberikan efek berupa meningkatkan kekebalan tubuh yang nantinya akan mengurangi terjadinya peradangan.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Dari Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kmu Ketahui

3. Meredakan Setres

Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Hal ini mungkin berkat peran senyawa adaptogen dalam ginseng.

Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Akibatnya, ginseng bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

BACA JUGA: Terkenal Dengan Rasanya Yang Asam Buah Blimbing Wulu Ternyata Mempunyai Khsiat Untuk Kesehatan TubuH loh, Berikut Penjelasannya

4. Mencegah Penyakit Kanker

Ginseng memiliki kandungan antioksida yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah dari penyakit kanker.

Ginsenosida yang terkandung dalam ginseng juga mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Salah satu jenis kanker yang dapat dibantu penyembuhannya dengan ginseng adalah kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi ginseng dapat menurunkan tingkat penyebaran kanker kolorektal.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terdapat pada ginseng membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Selain itu, ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Manfaat ginseng ini yang membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap.

BACA JUGA: Apa Itu Daun Gendi? Dan Apa Manfaatnya Bila Dikonsumsi? Berikut Penjelasannya

6. Mengobati Penyakit Paru-Paru

Ginseng korea diketahui memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Berbagai efek tersebut menjadikan tanaman ini baik untuk mengatasi masalah pada paru-paru, seperti penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK) dan bronkitis akut.

Riset pun menyebutkan bahwa ginseng dapat mengurangi peradangan pada paru-paru dan memperbaiki perbaikan jaringan paru.

BACA JUGA: Mempunyai Aroma Yang Khas Daun Pandan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Gingseng

Dikutip dari Hellosehat.com, ginseng juga ternyata mengandung efek samping. Hal ini karena ginseng merupakan rempah-rempah yang sangat kuat.

Beberapa efek samping dari konsumsi ginseng adalah sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi.

BACA JUGA: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa, Simak Berikut Ini

Oleh karena itu, sebaiknya tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi ginseng. Konsumsi secukupnya saja. Jika ingin mengonsumsi suplemen ginseng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Baca selanjutnya...Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Tidak ada komentar untuk "Inilah Manfaat Mengkonsumsi Gingseng Untuk Kesehatan Dan Apa saja yang perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsinya"