Inilah 9 Khasiat Dari Biji Habbatussauda Untuk Kesehatan, Khasiatnya Sungguh Luar Biasa !!

Sarjanakucing21 - Biji habbatussauda memiliki nama latin Nigella sativa, tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Eropa bagian selatan dan Timur Tengah. 

Biji habbatussauda punya banyak nama antara lain jintan hitam, bunga adas, kalonji, dan ketumbar romawi. Sementara dalam Bahasa Inggris dikenal dengan black seed

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

 Habbatussauda mempunyai beragam Khasiat, bijinya banyak diekstrak menjadi minyak dan kapsul.

Berikut Khasiat Biji Habbatussauda Untuk Kesehatan Yang Dirangkum Dari Berbagai Sumber


1. Menurunkan Kolesterol

Analisa dari 17 studi yang dipublikasi dalam jurnal Pharmacological Research 2016 menyebut kalau habbatussauda dapat membantu turunkan kolesterol jahat dalam darah. Menariknya peneliti menemukan kalau minyak habbatussauda lebih memiliki efek kuat menurunkan kolesterol dibandingkan habbatussauda bubuk.


2. Menangkal Kanker

Manfaat habbatussauda berikutnya yakni kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker.

Sebuah penelitian telah menemukan beberapa efek anti-kanker dari khasiat habbatussauda.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Daun Pepaya Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Ditemukan bahwa senyawa thymoquinone dalam manfaat habbatussauda mematikan kanker dalam darah. Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda membantu menonaktifkan sel kanker payudara.

3. Melawan Bakteri

Habbatussauda juga pernah diteliti untuk menghadapi methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), sejenis bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Laporan dalam Journal of Ayub Medical College Abbottabad 2008 menyebut kalau komponen habbatussauda dapat menghambat pertumbuhan MRSA.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

4. Membunuh bakteri jahat

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan efektif melawan jenis bakteri tertentu.

Satu penelitian menggunakan biji habbatussauda pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus. Ditemukan penggunaannya sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Temulawak Obat Tradisional Sejak Zaman Dulu

5. Baik Untuk Kesehatan Otak

Kandungan asam linolenat pada habbatussauda mampu merangsang sel pada syaraf otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat memori dan membantu agar bisa lebih berkonsentrasi.

BACA JUGA: 6 Khasiat Tumbuhan Brotowali Yang Mamu Mengobati Berbagai Penyakit

6. Untuk Diet

Habbatusauda sudah populer sebagai makanan diet. Meskipun rasanya pahit, bentuknya kecil dan bisa dikonsumsi dengan mudah. Apalagi kini banyak yang berbentuk kapsul.


7. Penawar Racun

Kandungan saponin pada habbatussauda disebut berguna untuk untuk menangkal racun pada tubuh dan darah. Peneliti dalam International Journal of Health Sciences 2008 melihat habbatussauda secara keluruhan membantu fungsi hati dalam mengelola zat toksik dalam tubuh.

BACA JUGA: 9 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh, Khasiatnya sunguh Luar Biasa

8. Menstabilkan gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa manfaat habbatussauda dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan dengan demikian mencegah efek samping yang berbahaya ini.

9. Cegah jerawat

Ramuan minyak habbatussauda dan jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mencegah jerawat timbul. Karena habbatussauda disebut oleh beberapa penelitian punya sifat kuat untuk meredakan peradangan atau inflamasi.

BACA JUGA: 6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumainya

Gunakan ramuan minyak habbatussauda untuk mengatasi jerawat dengan mengoleskannya di kulit dua kali sehari.

Itulah beberapa manfaat dari Biji habbatussauda untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 9 Khasiat Dari Biji Habbatussauda Untuk Kesehatan, Khasiatnya Sungguh Luar Biasa !!"