Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Sarjanakucing21 - Takokak atau bisa disebut pokak banyak tumbuh liar di kebun dan di hutan. Pokak memiliki daun tunggal, berbentuk bulat telur dengan ujung runcing.

Buah takokak memiliki rasa pahit, biasanya dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap makanan. Tak hanya dijadikan menu masakan, takokak juga sering digunakan sebagai pengobatan herbal.


Mengutip dari buku berjudul Mudah Menanam Terung Ungu, buah pokak mengandung vitamin A, torvogenin, chlorogenin, dan sisalogenone.

Manfaat Takokak Untuk Kesehatan


Dibalik rasanya yang pahit, Takokak mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaatnya:


1. Mengobati Asam Urat 

Takokak ini baik dikonsumsi untuk Anda penderita asam urat. Karena, kandungan dalam buah pokak bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Untuk merasakan manfaatnya, cukup mengonsumsi buah pokak yang diolah menjadi sayur atau lalap.

BACA JUGA: Kahisat Dari Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Berikut Penjelasannya

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah takokak juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


3. Anemia 

Pokak mengandung zat besi yang bisa merangsang produksi sel darah merah. Inilah alasannya pokak baik dikonsumsi untuk penderita anemia.


4. Mencegah Penyakit Kanker

Takokak memiliki kandungan antioksidan solanin, solasodin dan solamargin dapat mengurangi risiko kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh. Antioksidan dalam buah takokak disebut ampuh untuk meredakan gejala kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, kanker lambung hingga kanker usus.

BACA JUGA: Mengenal Daun Afrika Dan Ketahui Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi Asam Lambung 

Mengutip dari Surabaya.tribunnews.com, pokak mampu menetralkan asam lambung. Tidak hanya itu, pokak juga bisa mengobati masalah pencernaan lainnya seperti diare dan sakit perut.

BACA JUGA: Mengenal Buah Mengkudu Dan Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

6. Mencegah Osteoporosis

Buah takokak yang kaya kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang seperti osteoporosis.

BACA JUGA: Pahit Tetapi Kaya Akan Vitamin Dan Mineral, Inilah Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

7. Darah Tinggi 

Kandungan antioksidan dalam pokak bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi pokak mampu menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA: 8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

8. Mengobati Penyakit Ginjal

Kandungan senyawa antiradang dalam buah takokak bermanfaat untuk mengembalikan fungsi nekrosis tubular dan glomerulus, serta menghindari terjadinya penyakit ginjal.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui"