Inilah 8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Sarjanakucing21 - Daun Saga mempunyai nama latin Abrus precatorius L. ini berukuran kecil, bersirip ganjil, dan memiliki rasa agak manis.


Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Selain itu, daun saga juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, saponin, tannin, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, dan pentosan.

Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui yang dirangkum berbagai sumber, berikut manfaatnya.


1. Mencegah Diabetes Dan Kanker

Karena mengandung antioksidan, daun saga diketahui memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Antioksidan sejak lama dikenal mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan penyakit kanker dan diabetes.


2. Melawan Bakteri Jahat

Dalam sebuah penelitian, daun saga diketahui mengandung senyawa saponin. Kandungan senyawa tersebut berkhasiat sebagai antibakteri pada kadar 0,09%.

Hasil pengujian pada ekstrak daun saga yang didapat adalah sebesar 1,19% yang berarti positif sebagai antibakteri karena telah melewati batas minimum pengujian sebelumnya.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasanya

3. Membantu Mengatasi Flu

Manfaat selanjutnya dari daun saga mampu membantu mengatasi flu. Flu adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kebanyakan orang karena kekebalan tubuh yang menurun.

Flu disebabkan oleh virus akut yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meminum ekstrak daun saga dipercaya bisa mengatasi flu.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Dari Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kmu Ketahui

4. Menyembuhkan Diare

Daun saga dikenal sebagai satu di antara bahan dalam pengobatan tradisional. Air rebusan daun saga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan pada saluran kemih dengan skala sedang, meredakan diare, dan menyembuhkan masalah pada saluran pencernaan lainnya.

Antioksidan dan antibakteri yang ada di dalam daun saga dinilai membantu mengatasi diare.

BACA JUGA: Terkenal Dengan Rasanya Yang Asam Buah Blimbing Wulu Ternyata Mempunyai Khsiat Untuk Kesehatan TubuH loh, Berikut Penjelasannya

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Anda juga bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan. Daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu menambah nafsu makan.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

6. Meredakan Panas Dalam

Sama seperti sariawan, panas dalam bukan tergolong masalah kesehatan berat.

Untuk meredakan panas dalam, ambil sekitar 10-15 daun saga dan cuci bersih. Rebus daun saga dengan 2 gelas air, dan ambil setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, saring, kemudian bisa diminum.

BACA JUGA: Apa Itu Daun Gendi? Dan Apa Manfaatnya Bila Dikonsumsi? Berikut Penjelasannya

7. Menghalau Penuaan Dini

Sebuah penelitian dari University of Vienna menyatakan bahwa daun saga memiliki kadar kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi air rebusan daun saga bisa mengatasi penuaan dini.

Selain itu, membuat masker untuk wajah dari daun saga membuat kulit menjadi lebih kencang.

BACA JUGA: Mempunyai Aroma Yang Khas Daun Pandan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

8. Mengatasi malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan karena paparan parasit Plasmodium dari gigitan nyamuk Anopheles. Ekstrak daun saga yang diolah dengan air panas bisa menjadi alternatif dalam perawatan malaria.

BACA JUGA: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa, Simak Berikut Ini

Daun saga di Kamboja dan Nigeria digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam membantu mengatasi malaria. Namun, sebaiknya mengikuti perawatan medis dari dokter karena malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa dan harus ditangani dengan serius.


Baca selanjutnya...Inilah Manfaat Mengkonsumsi Gingseng Untuk Kesehatan Dan Apa saja yang perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsinya

Tidak ada komentar untuk "Inilah 8 Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui"