Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sarjanakucing21 - Daun Jeruk sering digunakan sebagai bahan penyedap makanan. Tetapi, daun Jeruk mempunyai manfaat untuk kesehatan loh.

Beberapa penelitian yang sudah membuktikan manfaat daun jeruk purut, sehingga tidak jarang bahan ini dijadikan solusi alami berbagai penyakit.


Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan

Berikut manfaat daun jeruk untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Membantu Meredakan Peradangan 

Daun jeruk juga bisa membantu meredakan peradangan pada sendi akibat rematik maupun asam urat. Dapat mengoleskannya ekstrak daun jeruk di area yang nyeri untuk meredakannya. 

Tetapi, perlu diingat bahwa cara ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga, kita tetap perlu berhati-hati saat mencobanya.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Dari Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kmu Ketahui

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Pasta gigi organik sudah banyak menggunakan ekstrak daun jeruk sebagai campuran pasta gigi organik. Karena ekstrak daun jeruk sangat layak untuk menyehatkan rongga mulut.

Daun ini diyakini bisa mengurangi penumpukan bakteri pada rongga mulut yang menjadi pemicu berbagai permasalahan gigi dan gusi.

3. Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit 

Sebuah penelitian di laboratorium, minyak atsiri yang didapatkan dari daun jeruk purut terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri E.Coli dan S. Aureus. Bakteri E.Coli adalah penyebab utama diare yang sering terjadi. 

Bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih maupun pneumonia bakteri. Sementara itu, S. Aureus adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, abses, serta selulitis.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Bakteri ini juga bisa menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah, dan endokarditis.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Zat yang terkandung dalam daun jeruk memiliki sifat antibakteri serta antioksidan. Mengkonsumsi daun jeruk secara rutin juga bisa membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Ini tentunya menjadi kabar baik karena tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Meskipun demikian, belum banyak bukti yang bisa mendukung hal tersebut.


5. Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat

Belum banyak yang tahu bahwa daun jeruk purut juga dinilai baik untuk menjaga kesehatan rambut. Manfaat yang satu ini memang belum terbukti secara ilmiah.  Namun secara tradisional, mengoleskan air perasan dan daun jeruk purut ke rambut dianggap bisa memperkuat rambut, mencegah ketombe, dan meningkatkan kilau rambut.

BACA JUGA: Mempunyai Aroma Yang Khas Daun Pandan Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya

6. Mencegah Penuaan Pada Kulit

Ekstrak daun jeruk bisa membantu mencegah penuaan pada kulit. Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan bisa membantu menangkal berbagai paparan radikal bebas yang bisa merusak sel pada kulit.

Ketika sel pada kulit rusak maka tanda-tanda penuaan akan muncul seperti kerutan dan garis-garis halus. Tetapi, ini belum dibuktikan dengan penelitian-penelitian ilmiah sehingga belum bisa dilakukan secara klinis pada manusia.


7. Mengusir Nyamuk Dan Serangga 

Pada sebuah uji coba yang dilakukan menggunakan ekstrak daun jeruk purut, larutan tersebut terbukti bersifat toksin atau beracun untuk nyamuk ataupun serangga.

Seperti yang diketahui, nyamuk bisa menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya, mulai dari demam berdarah, malaria, hingga chikungunya. Sehingga keberadaannya harus dibatasi di lingkungan sekitar kita.

8. Membuang Racun Dalam Darah

Daun jeruk mengandung zat yang sangat berperan dalam proses detoksifikasi yaitu pembuangan racun tubuh yang ada pada darah. Ini mungkin juga berlaku bagi orang yang tubuhnya sehat atau memang mengalami berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah. Ekstrak daun jeruk sering menjadi campuran dari berbagai ramuan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit darah kronis.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang"