Apa Itu Buah Mahkota Dewa? Dan Apa Saja Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Mahkota Dewa dikenal sebagai obat herbal, mahkota dewa populer di dunia pengobatan herbal sejak lama.

Oleh karena itu, mahkota dewa menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Kandungan Yang Ada Pada Mahkota Dewa 

Mahkota dewa mengandung banyak senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Mengutip dari buku berjudul Mahkota Dewa & Manfaatnya, mahkota dewa mengandung alkaloid, flavonoid, Polifenol,dan Saponin.


Buah mahkota dewa biasanya diekstraksi dan diolah menjadi kapsul agar mudah dikonsumsi. Tetapi, ada pula buah mahkota dewa yang diolah menjadi minyak untuk digunakan sebagai pengobatan luar.

Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Tubuh


1. Meredakan Nyeri Haid 

Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan dalam ekstrak buah dari tanaman herbal ini bersifat antiradang yang berpotensi mengobati nyeri haid (dismenore primer).

2. Mengatasi Diabates 

Mahkota dewa mengandung Saponin yang befungsi untuk mengurangi kadar darah dalam tubuh. Selain itu, zat aktif tersebut juga berperan untuk meningkatkan vitalitas dan mengurangi penggumpalan darah.

BACA JUGA: Pahit Tetapi Kaya Akan Vitamin Dan Mineral, Inilah Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Di masa wabah penyakit menular seperti sekarang, daya tahan tubuh harus selalu maksimal. Sebab, saat daya tahan tubuh yang kuat bisa mengalahkan virus yang masuk ke dalam tubuh. 

Kandungan saponin di dalam kulit buah dan daun mahkota dewa berfungsi untuk meningkarkan sistem kekebalan tubuh.


4.  Mengurangi Tingkat Kolesterol 

Buah mahkota dewa menyimpan banyak senyawa aktif dan salah satunya adalah asam galat. Senyawa ini dapat mengontrol tingkat kolesterol di dalam tubuh. 

Fungsi asam galat tersebut bisa menghindari ketidakseimbangan kolesterol yang berujung pada penyakit jantung dan arteriosklerosis. Ini adalah kondisi di mana pembuluh darah menjadi kaku dan menghambat aliran darah.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya

5. Menawarkan Efek Anti-inflamasi

Efek anti-inflamasi yang dimiliki dari ekstrak buah mahkota dewa ini didapat dari keberadaan senyawa fenolik dan flavonoid. Anti-inflamasi merupakan sifat buah mahkota dewa yang diperlukan dalam perawatan untuk memulihkan peradangan atau pembengkakan. 

Riset juga menemukan adanya fitokimia lain seperti senyawa terpenoid yang memberikan sifat anti-inflamasi pada buah mahkota dewa ini.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

6. Obat asam urat 

Mahkota Dewa juga dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan, mahkota dewa mengandung flavonoid dan Polifenol yang menghambat produksi asam urat dalam tubuh.

BACA JUGA: 6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kenali Efek Sampingnya Mengonsumsi Secara Berlebihan

Efek Samping Dari Mahkota Dewa

Hal yang harus kamu perhatikan adalah pada bagian biji berwarna coklat di buahnya. Jika melansir dari sebuah studi jurnal US National Library of Medicine, biji buah mahkota dewa itu beracun dan konsumsinya yang tidak diproses memungkinkan adanya efek racun tersebut.


Selain itu, penelitian yang menyebutkan jika pengaplikasian mahkota dewa tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Sebab, tumbuhan ini bisa meningkatkan kontraksi uterus yang berujung pada keguguran.

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Buah Mahkota Dewa? Dan Apa Saja Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya"