8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Sarjanakucing21 - Brokoli merupakan sayuran sehat kaya akan manfaatnya. Manfaat brokoli hijau ini tak lain berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara ditumis, dikusus, direbus, atau diolah menjadi campuran masakan lain seperti sup. Brokoli juga bisa dikonsumsi dengan cara diblender.

Berikut Ragam Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh Yang Telah Dirangkum Dari Berbagai Sumber.



1. Sumber Antioksida

Kandungan antioksidan yang menjadi manfaat brokoli terbilang cukup tinggi. Antioksidan adalah molekul yang menghambat atau menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Oleh karena itu dapat mengurangi peradangan dan efek perlindungan kesehatan secara keseluruhan. Brokoli memiliki kadar glukoraphanin yang tinggi, senyawa yang diubah menjadi antioksidan kuat yang disebut sulforaphane dalam pencernaan.

Brokoli juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam jumlah cukup, yang dapat mencegah stres dan kerusakan sel mata.

2. Berpotensi Untuk Mencegah Kanker

Di dalam brokoli hijau terkandung sulforaphaneZat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru.

3. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Vitamin C pada brokoli dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) saat mengonsumsinya.

Dengan memiliki sistem imunitas tubuh yang baik memiliki risiko rendah terjangkit berbagai macam penyakit. Mengonsumsi brokoli juga dapat membantu tubuh melawan infeksi dalam tubuh.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Daun Pepaya Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Melancarkan Pencernaan

Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat sayur brokoli dapat membantu tubuh mengontrol gula darah yang lebih baik pada penderita diabetes.

Satu penelitian pada manusia menunjukkan penurunan resistensi insulin secara signifikan pada orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi brokoli setiap hari selama satu bulan.


6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Brokoli hijau memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

BACA JUGA: 6 Khasiat Tumbuhan Brotowali Yang Mamu Mengobati Berbagai Penyakit

7. Kaya Akan Vitamin Dan Mineral

Salah satu keunggulan brokoli adalah kandungan nutrisinya. Sayuran ini sarat dengan beragam vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif lainnya.

Dalam setiap 91 gram brokoli mengandung karbohidrat 6 gram, protein 2,6 gram, dan lemak 0,3 gram.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

8. Mencegah Keriput

Kandungan vitamin C yang tinggi berperan membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi.

BACA JUGA: 6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumainya

Kandungan vitamin C ini juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Nah itulah beberapa Ragam Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh.


Baca selanjutnya...Inilah 9 Khasiat Dari Biji Habbatussauda Untuk Kesehatan, Khasiatnya Sungguh Luar Biasa !!

Tidak ada komentar untuk "8 Manfaat Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Vitamin Dan Nutrisi Baik Untuk Tubuh"