8 Manfaat Tanaman Suruh Yang Baik Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui


Sarjanakucing21 - Tanaman Suruhan dikenal sebagai tanaman liar yang bermanfaat dalam dunia pengobatan herbal.

Daun suruhan (Peperomia pellucida) adalah tananam herbal yang tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia.


Daun suruhan memiliki kandungan seperti alkaloid, flavonoids, saponins, terpenoids, steroids, dan glycosides yang berguna bagi kesehatan manusia. Daun suruhan juga mengandung beberapa zat berguna lainnya, misalnya phytol, stigmasterol, sitosterol, peperomins, sesamin, dan isoswertisin.

Manfaat Daun Suruhan Untuk Kesehatan

Seluruh bagian tanaman suruh bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, berikut manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber.



1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus Untuk Mengatasi Penyakit Jantung, Hipetensi, Kolesterol, suruhan efektif menurunkan tekanan darah tinggi. 

Dari seluruh bagian tanaman, daun suruhan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.


2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun suruhan dipercaya memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung. Daun suruhan diketahui menjadi satu di antara sumber antioksidan yang tinggi.

BACA JUGA: Berikut 8 Manfaat Daun Pegangan Untuk Kesehatan Tubuh, Berikut Penjelasannya

Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat mengakibatkan menderita tekanan darah tinggi yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit jantung lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Asam urat 

Suruhan memiliki sifat kimiawi antiinflamasi dan analgesik. Selain itu, tanaman ini juga mengandung zat-zat yang bermanfaat menurunkan asam urat. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 15 gram - 30 gram suruhan. Cuci sampai bersih lalu rebus suruhan sampai mendidih. Setelah itu, minum air suruhan.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Untuk Kesehatan, Berikut Penjelasanya

4. Mengobati Sakit Kepala

Mengonsumsi air rebusan daun suruhan dipercaya sebagai obat herbal sakit kepala atau migrain. Selain itu, daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Dari Daun Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kmu Ketahui

5. Mengatasi Jerawat 

Tanaman suruhan dipercaya mampu mengobati jerawat. 

Untuk mendapatkan manfaatnya siapkan s15 gram - 30 gram suruhan. Cuci lalu tumbuk suruhan sampai halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan suruhan di area yang berjerawat lakukan hal tersebut secara rutin.

BACA JUGA: Terkenal Dengan Rasanya Yang Asam Buah Blimbing Wulu Ternyata Mempunyai Khsiat Untuk Kesehatan TubuH loh, Berikut Penjelasannya

6. Meredakan Nyeri 

Melansir dari Pontianak.tribunnews.com, suruhan bermanfaat untuk meredakan nyeri. Hal ini disebabkan, suruhan memiliki efek farmakologis analgesik alias pereda nyeri.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Takokak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan alami di dalam daun suruhan sangat baik untuk ginjal. Mengonsumsi air rebusan daun suruhan secara teratur bisa merawat kesehatan ginjal.

Kandungan alami ini memiliki sumber yang cukup untuk obat herbal ginjal. Pastikan selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak.

BACA JUGA: Apa Itu Daun Gendi? Dan Apa Manfaatnya Bila Dikonsumsi? Berikut Penjelasannya

8. Darah Tinggi 

Melansir dari buku berjudul Tanaman Obat & Jus Untuk Mengatasi Penyakit Jantung, Hipetensi, Kolesterol, suruhan efektif menurunkan tekanan darah tinggi. 

Dari seluruh bagian tanaman, daun suruhan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Tidak ada komentar untuk "8 Manfaat Tanaman Suruh Yang Baik Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui"