7 Khasiat Mengonsumsi Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Temulawak Obat Tradisional Sejak Zaman Dulu

Sarjanakucing21 - Temulawak merupakan tanaman berbatang semu dengan bunga yang eksotis berwarna putih kemerahan. Temulawak Telah dijadikan sebagai bahan obat tradisional sejak zaman dulu.


Tanaman Temulawak atau disebut dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza ini biasanya berbentuk silinder rimpang. Bagian tanaman pada temulawak yang jamak digunakan adalah rimpang.

Berikut Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh Yang Dirangkum Dari Berbagai Sumber


1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Temulawak merangsang produksi empedu di kantung empedu, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Dengan rutin mengonsumsinya, maka berbagai masalah pencernaan bisa teratasi termasuk kembung, gas dan dispepsia. Rempah juga dapat bermanfaat bagi pengidap kondisi peradangan seperti kolitis ulserativa.


2. Antioksida

Temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang juga bisa ditemukan pada kunyit. Senyawal ini berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai penyakit.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

Dengan mengonsumsi temulawak, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mengatasi Osteoarthritis

Dilansir dari Hellosehat, temulawak membantu pasien yang mengalami Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.

Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

BACA JUGA: 9 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh, Khasiatnya sunguh Luar Biasa

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat temulawak untuk kesehatan yakni menurunkan risiko terkena penyakit jantung, penyakit yang jadi penyebab nomor satu kematian terbanyak di dunia.

Kurkumin memicu peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. Kerusakan endotelium membuat peredaran darah tidak lancar dan pembekuan darah.

BACA JUGA: 6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumainya

5. Obat Antiradang

Temulawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya

6. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Khasiat temulawak dipercaya bisa menekan pertumbuhan sel jahat tersebut.

Senyawa kurkumin secara klinik terbukti bisa mengurangi angiogenesis, sebuah gejala pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor dan metastasis (penyebab kanker).

BACA JUGA : Inilah 5 Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Alami

7. Antibakteri Dan Antijamur

Temulawak mengandung berbagai senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri dalam temulawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara senyawa antijamurnya cukup ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.




Tidak ada komentar untuk "7 Khasiat Mengonsumsi Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh, Temulawak Obat Tradisional Sejak Zaman Dulu"