5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Kenikir, merupakan tumbuhan liar yang banyak di manfaatkan sebagai obat herbal dan dijadikan sebagai lalapan makanan atau bahkan dimasak.


Tanaman ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Daun kenikir memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten.

Daun kenikir juga banyak mengandung mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium yang diperlukan oleh tubuh.


Berikut beberapa Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh.


Dengan banyaknya kandungan gizi yang ada pada daun kenikir, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh.


1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun kenikir baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Daun kenikir memiliki efek diuretik alias peluruh kencing. 

Efek tersebut yang membuat daun kenikir bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, konsumsi daun kenikir secara rutin bisa mencegah naiknya tekanan darah.

BACA JUGA: 6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kenali Efek Sampingnya Mengonsumsi Secara Berlebihan

2. Mencegah Osteoporosis

Dikutip dari Alodokter, manfaat daun kenikir yang satu ini diduga berkat kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat didalamnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan diduga dapat mencegah tulang keropos atau Osteoporosis.

BACA JUGA: Banyak Yang Tidak Tahu !! 8 Khasiat Dari Bunga Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Berikut Penjelasannya

Akan tetapi, studi tersebut baru terbatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang manjur untuk mencegah osteoporosis.

3. Menurunkan Gula Darah 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences, daun kenikir memiliki efek antidiabetes. 

Daun kenikir mengandung enzim yang bisa menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan.


4. Mencegah Kanker

Mengonsumsi daun kenikir menjadi salah satu cara alternatif untuk mencegah penyakit kanker.

Daun kenikir mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, beberapa kandungan daun kenikir juga berfungsi menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung.

BACA JUGA: 7 Khasiat Mengonsumsi Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat daun kenikir dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara teratur. Pasalanya menggunakan daun kenikir yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan organ hati.

5. Mencegah Gangguan Pencernaan 

Daun kenikir mengandung antioksidan tinggi. Zat tersebut bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan.


Itulah beberapa manfaat dari Daun Kenikir untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar untuk "5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui, Berikut Penjelasannya"