5 Khasiat Dari Kulit Melinjo Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Melinjo (Gnetum gnemon) adalah tanaman yang berasal dari Asia Pasifik dan Asia Barat, tetapi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Baik biji dan kulit melinjo memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, banyak khasiat yang bisa didapatkan dari melinjo.


Nutrisi yang terkandung dalam kulit melinjo memiliki berbagai senyawa dan vitamin yang baik untuk tubuh seperti beta karoten, fenolik, flavonoid, vitamin C, dan antioksidanKulit melinjo juga mengandung tembaga, mangan, zat besi, zinc, dan potasium. Kandungan inilah yang membawa berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Kulit Melinjo

Kandungan gizi dalam kulit melinjo seperti diatas membuatnya berkhasiat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kulit melinjo yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Menurunkan Asam Urat

Manfaat kulit melinjo berasal dari senyawa bioaktif yang dapat menstabilkan kadar Asam Urat di dalam tubuh. Kulit melinjo juga menghasilkan ekstrak anti asam urat. Senyawa bioaktif yang dimaksud adalah zat antioksidan yang mampu bertindak seperti obat asam urat jenis urikostatik, yakni allopurinol.


2. Memelihara Kesehatan Tulang

kulit melinjo adalah salah satu sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Mineral kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara kekuatan tulang dan gigi.

Mineral yang satu ini tidak dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Agar tubuh lebih efektif menyerap kalsium, perlu mendapat asupan vitamin D.

BACA JUGA: Inilah 8 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Mengonsumsi olahan kulit melinjo menawarkan manfaat yang baik bagi tulang agar tidak mudah rapuh.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Kulit melinjo dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kronis. Kulit melinjo terbukti menurunkan risikonya. Penyakit kronis biasanya disebabkan oleh paparan radikal bebas. Seperti, kanker, penyakit jantung, penuaan dini, peningkatan kolesterol, dan penyempitan pembuluh darah. Sebab, kandungan kulit melinjo kaya akan antioksidan.


4. Menyehatkan Otak
Kandungan yang terdapat pada kulit melinjo salah satunya adalah mangan, yang dapat meningkatkan efektivitas kerja sistem saraf pada otak.


5. Mencegah Infeksi Pada Kulit

Kandungan kulit melinjo berupa zinc mampu meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai penyembuh di dalam tubuh. Manfaat di atas mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.


Jadi, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Terlebih, bila memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan ini, khasiat kulit melinjo bisa didapat secara optimal.

Itulah beberapa manfaat kulit melinjo dan kandungan yang terdapat dalam kulit melinjo.

Tidak ada komentar untuk "5 Khasiat Dari Kulit Melinjo Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Didalamnya, Berikut Penjelasannya"