Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

Bagi sebagain orang mengonsumsi kopi sebagai rutinitas yang tidak bisa dilewatkan.

Tetapi mengonsumsi kopi disaat perut masih kosong merupakan ide yang buruk.


Ada sejumlah bahaya kesehatan yang timbul karena mengonsumsi kopi saat perut kosong. Perut kosong diartikan sebagai keadaan dua jam sebelum atau setelah makan.

Berikut beberapa bahaya mengonsumsi kopi saat perut kosong yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


1. Asam Lambung Naik

Kopi memiliki mengandung asam. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi. Asam lambung meningkat membuat perut terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo.

2. Penurunan Produksi Hormon Kortisol

Minum kopi saat perut kosong dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian, alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari. Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika Anda langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk bikin melek.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau ! Inilah 4 Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Menjadi Kuning, Berikut Penjelasannya

3. Gula Darah Melonjak 

Sebuah studi kecil Juni 2020 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu sistem kontrol gula darah. Kemampuan untuk mengatur kadar gula darah mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung.

BACA JUGA: Banyak Yang Tidak Tahu, Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Hangat Setiap Hari

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

4. Merasa Gelisah dan Cemas

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin — hormon pemicu rasa tenang dan bahagia — yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika Anda minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

Kafein diserap ke dalam tubuh dengan cepat - rata-rata dalam 45 menit - dan memuncak dalam aliran darah mulai dari 15 menit hingga dua jam setelah dikonsumsi.


Nah itulah beberapa bahaya mengonsumsi kopi disaat perut kosong. Jangan sampai kosong saat mengonsumsi kopi usahakan sesudah makan.

Tidak ada komentar untuk "Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya "

Berlangganan via Email