Jangan Dibuang !! 7 Manfaat Ampas Kopi Ini Bisa Menjadi Pengharum Ruangan dan Menghilangkan Noda Pada Panci

Kebanyakan orang pasti suka menyeduh kopi. Usai menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan langsung dibuang.

Orang-orang biasanya membuang ampas kopi yang tersisa setelah kopi diminum.


Karena ampas kopi memiliki manfaat untuk beberapa hal. Nah apa saja manfaat dari ampas kopi ini?

Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


1. Bisa Digunakan Untuk Body Scrub

Ada beberapa klinik kecantikan yang mengunakan bahan dasar ampas kopi sebagi lulur tubuh. Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu kulit semakin halus.

Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati.

Caranya cukup mudah yaitu, campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

2. Menghilangkan Bau Di Wastafel Atau Toilet

Bau tak sedap biasanya kerap muncul di saluran air yang ada di wastafel atau di toilet. Kamu bisa mengunakan ampas kopi sebagai pewanginya.

Caranya cukup mudah yaitu, kamu tinggal tuangkan saja ampas kopi ke saluran lubang wastafel atau di toilet saat menghasilkan bau.

BACA JUGA: Banyak Yang Tidak Tahu, Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Hangat Setiap Hari

3. Menghilangkan Noda Pada Panci Atau Wajan

Ampas kopi juga bisa digunakan untuk membersihkan Panci, Wajan, dan peralatan masak lainnya yang sulit untuk di bersihkan. 

Caranya cukup mudah yaitu, dengan mengoleskan ampas kopi ke spons cuci piring. Lalu gosok panci dengan spons yang diberi ampas kopi untuk mempermudah hilangkan lemak dan kotoran yang sulit dibersihkan.

4. Dapat Digunakan Sebagai Pupuk Tanaman

Ampas kopi juga bisa menjadi pupuk dan juga bisa mencegah hama pada tanaman Anda. 

Caranya cukup mudah yaitu, cukup menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman. Nah, sebaran bubuk kopi ini akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

5. Bisa Digunakan Untuk Pengharum Ruangan

Untuk manfaat yang satu ini cara menggunakannya cukup mudah. Letakkan ampas kopi pada sebuah wadah terbuka di ventilasi udara atau rumah agar memberikan aroma harum seperti di kedai kopi bersamaan udara baru yang segar.

6. Menghilangkan bau amis di tangan

Ampas kopi juga bisa menghilangkan bau amis yang menempel di tangan. Bau amis yang muncul sehabis kamu memegang daging atau ikan bisa dihilangkan dengan ampas kopi.

Caranya yaitu dengan mencuci tangan di wastafel, lalu tuangkan ampas kopi ke tangan untuk menghilangkan bau amis pada tangan. Selanjutnya bersihkan kembali tangan dengan air bersih.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

7. Dapat Menghilangkan Goresan Furnitur

Ampas kopi juga bisa menghilangkan warna kusam pada permukaan furnitur kayu dan dapat hilangkan goresan di furnitur kayu.

Caranya yaitu dengan mengosokan ampas kopi ke goresan yang ada di furnitur dengan menggunakan kapas, dan diamkan selama 5-10 menit.

Nah itulah beberapa Manfaat dari ampas kopi, jadi jangan langsung dibuang ya.

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai