Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Buah jambu biji memiliki kandung banyak antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat. Kandungan nutrisi ini memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tidakhanya buahnya, daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Berikut manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Mengatasi Diare

Daun jambu biji telah dikenal sebagai obat alami yang dapat mengatasi diare. Teh dari daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare.

Olahan daun teh ini bersifat antimikroba, yang mampu menetralkan mikroba penyebab diare. Untuk memaksimalkan khasiatnya, lebih baik air rebusan tersebut diminum saat perut kosong.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya

2. Meningkatkan Kesehatan jantung

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam daun jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ekstrak daun jambu biji juga dikaitka dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol jahat, dan peningkatan kolesterol baik.

Akibat tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat memberikan efek positif.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

3. Menurun Kadar Kolesterol Jahat

Menumpuknya kadar kolesterol jahat dapat membahayakan kesehatan, seperti penyakit jantung dan darah tinggi. Rutin mengonsumsi daun jambu biji efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam pembuluh darah yang berlebihan.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

Konsumsi setidaknya selama delapan minggu berturut-turut akan menurunkan kolesterol.

4. Menurunkan Gula Darah 

Mengutip dari Kompas.com, ekstrak daun jambu biji bisa mengontrol kadar gula darah dalam jangka waktu panjang.

5. Meringankan Nyeri Menstruasi

Terdapat beberapa bukti bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri akibat kram menstruasi.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

Sebuah penelitian pada 197 wanita yang mengalami nyeri menstruasi menemukan, konsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari dapat mengurangi intensitas nyeri.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam daun jambu biji baik untuk memelihara kesehatan jantung. 

Asal tahu saja, ekstrak daun jambu biji ampuh menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Hal inilah yang membuat daun jambu biji menurunkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: 4 Sayuran Ini Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kita, Berikut Penjelasannya

7. Mengobati Sariawan 

Daun jambu biji dipercaya bisa mengobati sariawan. Caranya yaitu: segenggam daun jambu biji dan satu jari kulit batang jambu biji, kemudian cuci bersih daun dan kulit batang jambu biji, lalu rebus dengan satu liter air. Anda rebus bahan tersebut sampai 15 menit lalu saring dan dinginkan. Habiskan air rebusan daun dan kulit batang jambu biji dalam satu hari.

Tidak ada komentar untuk "Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh"