9 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh, Khasiatnya sunguh Luar Biasa

Sarjanakucing21 - Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang paling populer di kalangan masyarakat indonesia. 

Jahe merupakan tumbuhan rimpang berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. 


Biasanya jahe digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan, dijadikan bubuk, atau sebagai minyak. Jahe juga terkadang ditambahkan ke makanan olahan sebagai bumbu dapur atau di jadikan minuman.

Jahe memiliki Khasiat yang melipah, jahe biasannya di jadikan minuman untuk menghangatkan tubuh.


Berikut beberapa khasiat mengonsumsi Jahe secara rutin.

1. Obat Mual

Jahe juga dapat membantu meredakan mual dan muntah. Jahe juga dapat membantu mual terkait kemoterapi, termasuk mual bagi para ibu hamil di pagi hari.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1 sampai 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual. Meskipun jahe dianggap aman, bicarakan dengan dokter sebelum meminumnya dalam jumlah besar jika seseorang sedang dalam keadaan hamil.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Jambu Biji Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengobati DBD. Berikut penjelasannya

Dianjurkan agar wanita hamil yang mendekati masa persalinan atau yang pernah mengalami keguguran agar menghindari jahe.

2. Mengobati Peradangan

Komponen pedas dalam jahe yang juga dikenal sebagai oleoresin memiliki efek anti inflamasi terkuat. 

Jahe dapat menghentikan pelepasan sitokin inflamasi dalam sel imun.  Beberapa manfaat jahe lainnya seperti mengurangi rasa sakit, kram, dan radang sendi juga dianggap terkait erat dengan aktivitas anti inflamasi ini.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

3. Sebagai Antioksida

Manfaat jahe merah dan madu berikutnya karena memiliki senyawa antioksidan alami. Diketahui bahwa antioksidan bermanfaat baik dalam melindungi sel-sel tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA: 5 Buah Ini Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Tubuh Kita Loh, Berikut Penjelasannya

Bila sering terpapar tanpa ada penanganan sama sekali, radikal bebas bisa menimbulkan berbagai penyakit. Misalkan penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, penuaan dini, rambut rontok, katarak dan kanker.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe juga dapat berperan dalam penurunan berat badan cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet secara alami, hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya

Manfaat jahe untuk kesehatan secara signifikan mengurangi berat badan, dan mengurangi rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Menurunkan Gula Darah

Gula darah disebut-sebut jadi sebab meningkatnya faktor risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah studi tahun 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2, 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah sebesar 12%. Manfaat jahe, termasuk manfaat jahe merah, juga secara dramatis meningkatkan kadar hemoglobin.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

6. Mengurangi Nyeri

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh NCBI, mengonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot. Manfaat jahe merah dan madu memang tidak memberi dampak langsung.

Tetapi efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari secara bertahap. Efek ini diyakini dimediasi oleh sifat anti-inflamasi.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

7. Mengurangi Kadar Kolesterol

Jahe juga dapat menurunkan Kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi sangat terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Makanan yang dimakan dapat memiliki pengaruh kuat pada kadar LDL.

BACA JUGA: 5 Buah Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Para Penderita Kolestrol Tinggi

Dalam sebuah studi tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk jahe setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (buruk) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan.

8. Meredakan Nyeri Haid

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa khasiat jahe sama efektifnya dengan ibuprofen dalam menghilangkan rasa sakit pada wanita dengan dismenore primer. 

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

Sebuah analisis terbaru dari semua penelitian yang relevan menyimpulkan bahwa wanita dengan dismenore (nyeri) mungkin merasa lega ketika mengonsumsi jahe tiga hari pertama dari siklus mereka, tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jahe memiliki sejarah panjang karena sangat efektif digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan dan rasa sakit di bagian perut. 

Untuk mengatasi gangguan pencernaan, jahe bekerja dengan cara memproduksi suatu zat yang dapat mengurangi produksi gas berlebih pada sistem pencernaan. Selain itu, jahe juga bisa digunakan untuk menenangkan saluran usus.


Baca selanjutnya... 7 Khasiat Mengonsumsi Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya

Tidak ada komentar untuk "9 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh, Khasiatnya sunguh Luar Biasa"