7 Manfaat Buah Nanas Dan Apa Saja Bahaya Mengonsumsi Buah Nanas Secara Berlebihan? Berikut Penjelasannya


Buah NANAS selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, ada banyak sekali manfaat buah nanas. Buah ini juga seringkali dipakai sebagai campuran dalam masakan hingga dijadikan selai.

Nanas merupakan buah tropis yang tidak mengenal musim. Di balik kulitnya yang tajam, nanas memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Lalu, apa manfaat buah nanas?

BACA JUGA: Mudah Dan Tidak Ribet !! 4 Cara Ini Dapat Menghilangkan Noda Teh Dan Kopi Pada Gelas Atau Cangkir

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang sudah dibuktikan dan apa saja bahayanya yang harus kita ketahui.


Manfaat Buah Nanas

1. Antioksida Yang Tinggi

 Nanas memiliki kandung antioksidan yang menyehatkan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh melawan senyawa oksidatif.

Oksidatif adalah keadaan di mana terdapat terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang lemah, dan banyak penyakit berbahaya.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

2. Mengobati Inflamasi 

Buah nanas memiliki keistimewaan dari enzim di dalamnya yang bernama bromelain. Kandungan tersebut banyak diteliti dan disimpulkan sebagai agen anti-inflamasi alami. Enzim ini disebut-sebut efektif dalam melawan radang sendi. Bromelain juga punya ciri menyembuhkan yang dapat diperkuat dengan tambahan kunyit.

BACA JUGA: Tanaman Herbal Yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Cocok Pada Saat Masa Pandemi Covid-19 Saat Ini

3. Melancarkan Pencernaan

Buah nanas juga dapat melancarkan pencernaan. Bromelain memiliki peranan penting dalam memecah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit dicerna. Seringkali protein jadi penyebab sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Buah nanas juga mengandung sedikit serat yang merawat saluran pencernaan dan usus. Jus buah nanas bisa jadi alternatif obat sakit perut dan pereda penumpukan asam atau antasida.

4. Meningkatkan imunitas

Manfaat buah nanas untuk kesehatan juga terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim, seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

5. Memelihara Kesehatan Mulut

Sebagai salah satu buah dengan nutrisi vitamin C yang melimpah, buah nanas dapat memastikan kesehatan dan kekuatan gigi serta gusi. Vitamin C juga membantu menangkal terciptanya plak dan mengurangi risiko penyakit sekitar gigi dan radang gusi. Sebab, nutrisi tersebut dapat membatasi aktivitas bakteri di mulut.

6. Baik Untuk Yang Melakukan Program Diet

Nanas memiliki rasa asam manis sehingga cocok untuk tambahan makanan. Harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar. Buah ini juga mudah ditemukan dalam keadaan segar maupun kalengan.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau ! Inilah 4 Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Menjadi Kuning, Berikut Penjelasannya

7. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Vitamin C, beta karoten, dan antioksidan di dalam jus buah nanas bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan sangat efektif dalam menangkal hipertensi. Masalah kesehatan ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya penyakit jantung. 

Bahaya Buah Nanas

Memahami bahaya buah nanas akan membuatmu lebih bisa mengatur cara menyajikan nanas dengan baik.


1. Meningkatkan Gula darah

Walaupun buah nanas bisa disantap penderita diabetes, konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan gula darah pengidap. Meski nanas menawarkan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa, penderita diabetes sebaiknya hanya memakan satu hingga dua nanas saja per harinya.

2. Lidah Terasa Gatal

Pada orang-orang yang memiliki bakat alergi, konsumsi nanas dapat menyebabkan keluhan lidah terasa gatal.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

3. Alergi

Nanas memiliki sifat asam yang bisa ‘melunakkan daging’. Hal inilah yang membuat  buah tersebut dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang yang sensitif.

Sebagian besar kasus reaksi alergi akibat nanas bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa jam. Namun, pada kasus yang parah, alergi akibat konsumsi nanas dan makanan jenis lainnya dapat pula memicu gejala yang butuh pertolongan medis segera.

4. Merusak Enamel Gigi

"Kandungan di dalam nanas bisa menurunkan pH menjadi lebih asam. Hal tersebut berisiko merusak enamel gigi, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan," ungkap dr. Valda.


Baca Selanjutnya...

Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Buah Nanas Dan Apa Saja Bahaya Mengonsumsi Buah Nanas Secara Berlebihan? Berikut Penjelasannya"

Berlangganan via Email