7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya

Sarjanakucing21 - Buah anggur memiliki rasa yang sedikit asam tetapi masih ada manis-manisnya, membuat banyak orang menyukai buah anggur. 

Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Dibalik rasanya yang lezat dan menyegarkan, anggur memiliki sederet manfaat yang bagus untuk kesehatan loh.


Melansir dari Good Housekeeping, buah anggur mengandung 1.600 senyawa alami yang baik bagi tubuh, termasuk beberapa antioksidan penting. 

Buah bercitarasa manis sedikit asam ini juga diperkaya dengan vitamin C, B6, A, K, mineral kalium dan mangan. Buah anggur termasuk makanan rendah kalori karena setiap cangkirnya hanya memiliki 100 kalori.

Berikut manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh kita:


1. Mencegah Kanker

Buah anggur memiliki kandungan senyawa antioksidan resveratrol, quercetin, antosianin, dan katekin potensial yang dapat membantu mencegah sekaligus mendukung pengobatan penyakit kanker. 

Antioksidan ini bisa membantu melawan kanker dengan cara mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker. 
Beberapa penelitian terbatas maupun laboratorium membuktikan manfaat anggur ini potensial melawan penyakit kanker usus dan kanker payudara.

2. Melawan Penuaan Dini

Buah anggur juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Kerusakan sel ini yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

Satu cangkir buah anggur mengandung 288 miligram kalium, atau bisa mencukupi enam persen kebutuhan kalium harian tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengontrol kadar tekanan darah. 

Kurangnya asupan kalium rentan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

4. Menjaga kesehatan mata 

Beberapa penelitian terkontrol maupun riset laboratorium menunjukkan, anggur bisa membantu menjaga kesehatan mata. 

Buah ini bisa mencegah kerusakan retina, menurunkan risiko gangguan penglihatan degenerasi makula terkait usia, mencegah katarak dan glaukoma, serta melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru.

5. Mendukung Diet Sehat

Buah anggur cocok dijadikat menu makanan untuk diet sehat.

Anggur termasuk jenis makanan rendah kalori, bebas lemak, dan punya indeks glikemik yang rendah.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

Menjalankan program diet sehat, rajin-rajinlah makan anggur, jaga pola makan sehat, minimalkan asupan gula, dan rutin olahraga.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Senyawa antioksidan anggur membantu melindungi kesehatan dan fungsi sel penunjang sistem daya tahan tubuh.

Buah ini juga terbukti bisa melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, atau jamur tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan khasiat anggur berguna untuk melawan penyakit flu, menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air, infeksi jamur, dan mencegah perkembangan bakteri E.coli.

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

7. Meningkatkan Daya Ingat, Fokus, dan Suasana Hati 

Buah anggur juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Selain itu, anggur juga potensial untuk meningkatkan suasana hati lebih positif, meningkatkan fokus, serta mencegah alzheimer dan demensia.


Baca Selanjutnya...7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya"