7 Khasiat Mengonsumsi Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya


Sarjanakucing21 - Kunyit merupakan salah satu rempah - rempah yang populer, kunyit kerab dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat jamu tradisional.

Kunyit menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kunyit memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kunyit juga dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Kunyit pun menjadi pewarna alami untuk menu masakan.

Berikut manfaat kunyit sebagai obat herbal tradisional menghilangkan berbagi penyakit yang harus kamu ketahui.


1. Mencegah Diabetes 

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang efektif mencegah diabetes. Berdasarkan sebauh penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 dinyatakan kurkimin mampu menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan Haid dan Mengurangi Rasa Sakit

Melansir dari Kompas.com, kunyit efektif melancarkan haid. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, biji pala, dan setengah genggam daun sri gading. 

Anda tumbuk semua bahan sampai halus lalu rebus dengan 1 liter air. Anda rebus bahan tersebut sampai mendidih.

BACA JUGA: 5 Buah Ini Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Tubuh Kita Loh, Berikut Penjelasannya

Setelah air rebusan hangat, Anda saring dan minum satu gelas per hari secara rutin.

4. Mencegah Kanker

Kandungan Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas kunyit dalam mencegah penyakit kanker.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya

5. Mencegah Penyakit Alzaimer 

Kandungan kurkumin mampu mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan sehingga meminimalisasi dan mencegah seseorang terkena alzaimer.

6. Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti irritable bowel syndrome (IBS), dispepsia, tukak lambung, dan pankreatitis.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

7. Kolesterol 

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada kunyit bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dan menekan risiko terkena penyakit jantung.


Tidak ada komentar untuk "7 Khasiat Mengonsumsi Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya"