6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumainya

Sarjanakucing21 - Sambiloto terkenal dengan rasanya yang pahit. Tetapi dibalik rasanya yang pahit sambiloto mempunyai banyak manfaat dan khasiatnya.

Tidak hanya mampu menurunkan asam urat, ini manfaat sambiloto untuk kesehatan. Penderita rematik dan asam urat pasti tidak asing dengan tanaman herbal yang satu ini.


Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida. Zat yang terdapat pada bagian batang dan daun tanaman sambiloto ini memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

Tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan antioksida seperti saponin, terpenoid, tannin, dan flavonoid.

BACA JUGA : Inilah 5 Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Alami

Sambiloto kerap dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga daya tahan tubuh. Tanaman ini bahkan digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek.

Berikut manfaat sambiloto untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Susu Kedelai Yang Harus Kamu Ketahui, Salah Satunya Baik Untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sambiloto pun diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Tanaman herba ini dapat memperbaiki dan merangsang kinerja sel-sel darah putih, sehingga dapat lebih efektif melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi.

Ekstrak sambiloto juga dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA: 6 Khasiat Tumbuhan Brotowali Yang Mamu Mengobati Berbagai Penyakit

2. Asam Urat 

Sambiloto juga banyak digunakan sebagai obat herbal asam urat. Hal ini disebabkan, sambiloto mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Kamu tidak boleh sembarangan mengonsumsi sambiloto. Sebab, ada cara khusus untuk membuatnya efektif meredakan asam urat.


Sambiloto kering 10 gram 
Temulawak 10 gram 
Lada 1 gram 
Komfrey 5 gram - 10 gram 
Air 5 gelas 

Satukan semua bahan-bahan di atas dan rebus hingga mendidih. Kemudian, rebus bahan tersebut sampai menyisakan sekitar tiga gelas.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

Minum segelas air rebusan sambiloto sebanyak tiga kali sehari. Sebaiknya minum air rebusan sambiloto satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

3. Menurunkan Tekan Darah tinggi

Sambiloto bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sambiloto mengandung kalium yang berperan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Untuk merasakan manfaatnya cukup menyeduh tujuh lembar daun sambiloto segar dengan satu cangkir air panas.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Penjelasannya

Biarkan air seduhan sambiloto sekitar tiga menit lalu tambahkan satu sendok madu. Minum ramuan herbal sambiloto tersebut tiga kali sehari.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Riset menyebutkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, serta mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, sambiloto juga berpotensi menimbulkan efek samping berbahaya, yaitu hipoglikemia.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

5. Meredakan Flu, Sakit Kepala, Demam, dan Radang Paru

Musim pancaroba dan hujan tiba, flu jadi salah satu penyakit yang sering datang menghampiri Anda. 

Sambiloto dipercaya efektif mengobati flu, sakit kepala, demam dan radang paru. Untuk merasakan manfaatnya, cukup tumbuk 1 gram tanaman sambiloto lalu rebus dengan satu gelas air. Minum air rebusan sambiloto tiga kali sehari.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Tanaman sambiloto juga diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto terlihat dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, belum ada riset yang dapat membuktikan efektivitas tanaman herba ini sebagai obat kanker.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Sambiloto

Penggunaan sambiloto dalam jangka panjang atau dalam dosis yang terlalu tinggi juga berisiko menimbulkan efek samping berbahaya, seperti kerusakan hati.

Selain itu, tanaman ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui serta orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah rendah, penyakit autoimun, atau kelainan darah.


Baca selanjutnya...9 Khasiat Mengonsumsi Jahe Secara Rutin Untuk Kesehatan Tubuh, Khasiatnya sunguh Luar Biasa



Tidak ada komentar untuk "6 Manfaat Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengonsumainya"