Telusuri

Kamu Harus Tau!! 6 Khasiat Tumbuhan Brotowali Yang Mampu Mengobati Berbagai Penyakit

Sarjanakucing21 - Brotowali merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki kandungan banyak senyawa kimia dan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.


Di dalam tanaman brotowali terkandung berbagai senyawa kimia antara lain alkaloid, damar lunak, pati, glikosida, pikroretosid, harsa, zat pahit pikroretintinokrisposidberberin, palmatin, kolumbin, dan kaokulin atau pikrotoksin.


Dibalik rasanya yang pahit, tetapi tanaman ini memiliki khasiat tidak sedikit. Berikut ini manfaat tanaman brotowali untuk kesehatan.

1. Mencegah Diabetes atau Mengobati Diabetes

Kandungan antioksidan alkaloid, tanin, glikosida dan flavonoid dalam daun brotowali bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. 

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam brotowali juga berfungsi meningkatkan produksi insulin serta memicu penyerapan glukosa ke otot yang sangat diperlukan untuk mengobati diabetes.


2. Meredakan Demam

Kandungan yang terdapat pada brotowali juga membuat tanaman ini mempunyai sifat antipiretikum. Sifat antipiretikum menyebabkan brotowali berkhasiat dalam meredakan demam. 

Batang brotowali banyak digunakan untuk mengobati sakit perut (diare), demam, sakit kuning, sakit pinggang, dan cacingan.


3. Mencegah Stroke Dan Penyakit Jantung

Antioksidan dalam brotowali juga mampu mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti penyakit stroke dan jantung. Antioksidan dalam tanaman ini dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat, serta mencegah penyumbatan darah penyebab stroke maupun penyakit jantung.

BACA JUGA: 5 Buah Ini Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Tubuh Kita Loh, Berikut Penjelasannya

4. Meredakan Nyeri

Kandungan Senyawa pahit tinokrisposid yang diisolasi dari ekstrak metanol batang brotowali merupakan suatu furanoditerpen glikosida

Dalam suatu penelitian menggunakan tikus putih, hasilnya menunjukkan bahwa rasa nyeri yang diderita tikus putih tersebut berkurang setelah diberikan ekstrak brotowali.


5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandunga antioksidan yang terdapat pada tumbuhan brotowali juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

6. Mengurangi Peradangan

Ekstrak brotowali juga memiliki efek anti-inflamasi atau anti peradangan. Brotowali juga dapat digunakan sebagai obat luar, misalnya kudis, serta membersihkan koreng.

Posting Komentar

0 Komentar