6 Khasiat Buah Melon Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya

    (Foto buah Melon)


Sarjanakucing21 - Melon merupakan jenis buah yang sering dikonsumsi sebagai makanan selingan atau penutup. Buah ini termasuk suku labu-labuan atau cucurbitaceae.

Tumbuhan melon sifatnya merambat dan menjalar, daunnya berbentuk menjari dan tekstur daging buahnya lembut, berair, serta berwarna putih sampai merah.


Kebanyakan orang biasanya menyukai buah ini karena rasanya yang manis dan segar.

Tak hanya rasanya yang manis dan segar, buah melon juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh loh.

Berikut manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber.


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah melon memiliki kandungan serat, mengonsumsi melon mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C pada buah ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semua zat tersebut bersifat antioksidan sehingga mampu membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang, termasuk kanker.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

2. Menu Untuk Diet

Buah melon juga bisa dijadikan menu makanan untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Melon juga merupakan buah yang rendah kalori yang cocok sebagai asupan diet. 

Mengonsumsi buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan serta menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi bahkan hingga kanker.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau, Bahaya Mengonsumsi Kopi Disaat Perut Kosong, Berikut Penjelasannya

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah melon juga dapat melancarkan sistem pencernaan, manfaat ini tidak lain berasal dari kandungan air dan serat pada melon. Asupan air dan serat akan membuat feses lebih berisi, tapi cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

Kandungan serat melon memang tidak setinggi buah-buahan lain, tapi ini justru bagus untuk orang yang belum terbiasa makan makanan tinggi serat. Dengan menambah asupan serat sedikit demi sedikit, perut akan mulai terbiasa mengeluarkan feses secara teratur.

4. Baik Untuk Ibu Hamil

Buah ini memiliki kandungan asam folat, yang sangat dibutuhkan oleh semua ibu hamil. Kandungan folat yang tinggi dalam buah melon membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru, terutama pada wanita hamil.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau ! Inilah 4 Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Menjadi Kuning, Berikut Penjelasannya

Mengonsumsi melon di awal masa kehamilan dapat mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi seperti tabung saraf, kelainan otak, dan tulang belakang. Meski demikian, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi melon yang sudah dipotong sebelum dibeli.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Natrium di dalam tubuh dapat mengikat cairan dan menambah volume darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Kalium dalam melon dapat membantu menyeimbangkan kembali volume darah. Dengan begitu, tekanan darah berangsur menurun.

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

6. Merawat Kulit

Buah Melon mengandung vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen. Kolagen yaitu protein yang menyusun, memelihara, dan memperbaiki jaringan kulit Anda.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

Selain itu, vitamin C pada melon juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan akan melindungi sel kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Hasilnya, kulit pun tetap kenyal, sehat, dan cerah.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah melon untuk kesehatan tubuh Anda.


Baca Selanjutnya...7 Manfaat Buah Nanas Dan Apa Saja Bahaya Mengonsumsi Buah Nanas Secara Berlebihan? Berikut Penjelasannya

Tidak ada komentar untuk "6 Khasiat Buah Melon Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Berikut Penjelasannya"