5 Tanaman Herbal Yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Cocok Pada Saat Masa Pandemi Covid-19 Saat Ini.



Sarjanakucing21 - Pada masa pandemi ini meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu cara untuk tetap vit.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa juga mengunakan Tanaman Herbal sebagai obat tradisonal.


Untuk meningkatkan daya tahan tubuh diperlukan asupan antioksidan yang tinggi. Antioksidan itulah yang akan menjadi tameng ketika ada radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Kandungan antioksidan banyak ditemukan di beberapa tanaman herbal yang dapat diracik menjadi ramuan sehat penawar virus dan bakteri.


Berikut beberapa tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Daun Meniran


Meniran juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, Meniran dapat tumbuh liar di halaman rumah, di lahan kosong bersama dengan tumbuhan lain.

Manfaat daun meniran untuk meningkatkan daya tahan tubuh telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Dr. Suprapto Ma'at Apt.,MS, dosen dan peneliti obat herbal Fakultas Kedokteran UNAIR Surabaya.

BACA JUGA: Kamu Harus Tau ! Inilah 4 Penyebab Nasi Cepat Basi Dan Menjadi Kuning, Berikut Penjelasannya

Daun meniran memiliki kandungan senyawa phyllanthin dan hipophylatin yang mampu memodulasi sistem imun bawaan yang disebut fagosit. Mengonsumsi daun meniran secara rutin, .  kemampuan fagosit juga menjadi lebih optimal.

Cara mengonsumsinya bisa dicampur dengan kunyit. Sebaiknya dikonsumsi rutin selama dua pekan, kemudian berhenti dua pekan dan dikonsumsi lagi.

BACA JUGA: Jangan Dibuang !! 7 Manfaat Ampas Kopi Ini Bisa Menjadi Pengharum Ruangan dan Menghilangkan Noda Pada Panci

2. Daun Pegangan

Tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah Centella asiatica. Pegagan merupakan tanaman tradisional yang bermanfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler dan humoral.

Tanaman Peganga memiliki kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

Cara mengonsumsinya bisa diseduh dengan air panas. Masukkan daun pegagan ke dalam gelas, tambahkan air panas dan tunggu beberapa saat. Saring daun pegagannya dan bisa langsung dikonsumsi.


3. Jahe
Jahe kerap digunakan sebagai bumbu masak dan bahan baku membuat minuman untuk menghangatkan tubuh.

Jahe mempunyai kandungan senyawa gingerol dan shogaol yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Senyawa tersebut dapat membantu menurunkan risiko infeksi serta menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri dan virus.


4. Tanaman Brotowali
Tanaman brotowali dikenal dengan nama ilmiah Tinospora cordifolia. Tanaman ini yang digunakan adalah bagian batangnya sebagai obat tradisional. Tanaman ini kaya akan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, steroid, dan terpenoid.

Terdapat kandungan vitamin C, karenanya khasiatnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebusnya kemudian air rebusan tersebut diminum.


5. Daun Kelor

Daun kelor sangat bermanfaat di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun kelor mempunyai antioksidan yang tinggi. Bahkan antioksidannya akan tetap kuat walaupun diracik dengan cara direbus di air panas. Antioksidannya antara lain flavonoid, antrakuinon, dan vitamin C.

Nah itulah beberapa tanaman herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap vit.


Baca selanjutnya...

 Banyak Yang Tidak Tahu, Manfaat Mengonsumsi Teh Tawar Hangat Setiap Hari

Tidak ada komentar untuk "5 Tanaman Herbal Yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Cocok Pada Saat Masa Pandemi Covid-19 Saat Ini."

Berlangganan via Email