5 Buah Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Para Penderita Kolestrol Tinggi


Mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Oleh karena itu, sebaimnya mengurangi mengonsumsi makanan yang cepat saji ya. Kolesterol tinggi membuat tumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah. 

Tumpukan lemak tersebut bisa menyumbat aliran darah di dalam tubuh. Hal itu bisa memicu munculnya penyakit jantung dan stroke.


Ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh pengidap Kolestrol Tinggi yang mengandung serat, makanan kacang-kacangan, mengonsumsi ikan dan buah- buahan. 

Berikut beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh pengidap kolestrol tinggi.


1. Pir

Selain memiliki kandungan air yang cukup tinggi, buah pir juga mengandung serat yang dapat membantu kamu untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh.

Jenis serat yang terdapat dalam pir dikenal sebagai pectin. Serat yang terdapat dalam pir lebih tinggi dibandingkan serat yang terkandung pada buah apel.

2. Plum 

Melansir dari buku berjudul Terapi Herbal Berdasarkan Golongan Darah, karya Ir. Lukas Tersono Adi, buah plum bermanfaat menurunkn kadar kolesterol dalam tubuh. 

Buah plum mengandung kalsium, vitamin C, A, fosfor, potasium, nutrisi, sodium, dan magnesium. 

Kandungan tersebutlah yang membuat buah plum bisa menurunkan kolesterol tinggi.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini

3. Pepaya

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kamu, buah pepaya juga bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Hal ini karena pepaya mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Jambu biji 

Jambu biji mengandung pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Selain dikonsumsi secara langsung, mengonsumsi jus jambu secara rutin bisa menurunkan risiko terkena kolesterol tinggi.

5. Pisang 

Buah pisang kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Salah satu Manfaat Buah Pisang adalah menurunkan kolesterol. Karena buah pisang mengandung pektin dan serat yang mampu melunturkan kolesterol jahat dalam darah.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Seledri + Madu Untuk Tubuh Anda ! Simak Berikut Ini