Inilah 10 Manfaat Buah Jambu Biji Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengobati DBD. Berikut penjelasannya

Sarjanakucing21 - Buah Jambu Biji adalah buah yang berbentuk lonjong dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan.

Warna daging buahnya bervariasi dari putih atau hingga merah muda.


Tak hanya buahnya yang mempunyai banyak manfaat tetapi daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai racikan herbal dan ekstrak daunnya banyak dijadikan suplemen.

Selain rasanya yang manis, jambu biji adalah salah satu buah super karena banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaatnya:


1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jambu biji adalah salah satu sumber terkaya vitamin C. Buah ini mengandung 4 kali lipat kandungan vitamin C yang ada pada jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi Anda dari infeksi dan patogen umum. Selain itu, menjaga kesehatan mata Anda.

BACA JUGA: Inilah 7 Khsiat Daun Jambu Biji Menjadi Obat Tradisonal

2. Mencegah Diabetes

Buah jambu biji memiliki kandungan serat yang kaya dan indeks glikemik yang rendah, jambu biji mencegah penyakit diabetes.

BACA JUGA: 5 Makanan Yang Mengandung Potasium Yang Tinggi Baik Untuk Kesehatan Kamu

3. Mengobati Demam Berdarah

Buah jambu biji juga bisa mengobati DBD (demam berdarah) tentu sudah sering Anda dengar. Penemuan dari beberapa penelitian, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, menghindari perdarahan pada penderita DBD, serta meningkatkan trombosit. Tak hanya daunnya, buah atau jus jambu biji merah pun memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan DBD.

4. Cocok Untuk Diet

Buah jambu biji membantu Anda menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme.

BACA JUGA: Inilah 5 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Menangkal Radikal Bebas, Berikut Penjelasannya

Jambu biji menjadi camilan yang sangat mengenyangkan karena itu buah ini bagus untuk diet. Jambu biji memiliki kandungan gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah-buahan lainnya.

5. Memperlancar sistem pencernaan 

Buah jambu biji juga mengandung senyawa tanin yang menimbulkan rasa sepat pada buah, tetapi bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah, serta menyerang virus.


6. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A adalah salah satu nutrisi penting untuk dapat menjaga kesehatan mata. Buah jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin A yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat tersebut. Karena, vitamin A dalam buah jambu biji dapat membantu meningkatkan penglihatan sekaligus mencegah degenerasi makula dan perkembangan katarak.

7. Baik Untuk Otak

Buah jambu biji mengandung vitamin B3 dan vitamin B6, yang juga dikenal sebagai niasin dan piridoksin. Hal itu dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak, menstimulasi fungsi kognitif dan melemaskan saraf.

BACA JUGA: 4 Sayuran Ini Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kita, Berikut Penjelasannya

8. Atasi Penuaan

Buah jambu biji kaya akan vitamin A, vitamin C dan antioksidan seperti karoten dan likopen yang membantu melindungi kulit dari kerutan.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Melansir Buku Jamu Ajaib Penakluk Diabetes (2013) oleh Ning Harmanto dan dr. Prapti Utama, jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan (vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan asam folat) yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

BACA JUGA: Inilah 6 Khasiat Meminum Air Rebusan Jahe Dicampur Dengan Serai

10. Menurunkan Kolesterol 

Selain itu, jambu biji juga kaya serat, khususnya pektin atau serat larut air yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dan asam empedu dalam tubuh serta membantu pengeluarannya.


Tidak ada komentar untuk "Inilah 10 Manfaat Buah Jambu Biji Yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengobati DBD. Berikut penjelasannya"