Kapan Gerhana Bulan Terjadi? Berikut Jadwal Gerhana Bulan

(Foto Ilustrasi Gerhana Bulan)

Gerhana Bulan merupakan sebuah Fenomena alam dimana cahaya bulan tidak sampai ke bumi karena titik pusat geometri bulan, bumi, dan matahari terletak pada satu garis dan bumi berada di tengahnya.



Lalu kapan gerhana bulan terjadi tahun ini?

Melansir dari Earthsky akan ada dua kali gerhana bulan di Indonesia, yaitu pada kisaran tanggal 26 Mei 2021 dan 19 November 2021 mendatang.

Sekitar enam bulan setelah gerhana bulan total pada 26 Mei, gerhana bulan parsial akan terjadi pada 19 November 2021. Kemudian gerhana matahari total akan terjadi pada 4 Desember 2021, tepat enam bulan setelah gerhana matahari cincin pada 10 Juni 2021.


Ada Beberapa Jenis Gerhana Bulan, Yaitu:

1. Gerhana Bulan Total 

Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan terjadi ketika bulan dan matahari persis berada di antara bumi. Sinar matahari yang melewati atmosfer bumi tersebar dan dibiaskan kembali ke bulan.

2. Gerhana Bulan Parsial

Gerhana bulan parsial merupakan dimana kondisi ketika matahari, bumi, dan bulan tidak sejajar. Bayangan bumi terlihat seperti menutupi sebagian bulan.

3. Gerhana Bulan Penumbral 

Gerhana Bulan penumbral merupakan gerhana yang disebut paling tidak menarik untuk disaksikan. Bulan akan berada dalam bayangan samar di luar bumi.