Istilah "On Eternal Patrol KRI Nanggala-402" Berikut Penjelasannya !

(foto: Kapal Selam KRI Nanggala-402)

Tengelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 menjadi duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Di media sosial  " on eternal patrol " menjadi trending topic di Twitter. Kata-kata itu ramai diperbincangkan publik di Tanah Air setelah KRI Nanggala-402  secara resmi dinyatakan subsunk atau tenggelam.


Istilah dari kata on eternal patrol berarti “sedang menjalankan patroli abadi”. Menurut laman media militer yang berbasis di Los Angeles AS, We Are The Mighty (WATM), istilah tersebut sudah ada sejak sebelum Perang Dunia II.


Kegiatan patroli sejatinya dimulai sejak sebuah kapal selam meninggalkan pelabuhan dan berakhir saat dia kembali. Ketika kapal selam tenggelam dan tidak berhasil pulang, patroli itu akan disebut abadi.


Kapal selam KRI Nanggala-402 sebelumnya dinyatakan tenggelam berdasarkan sejumlah bukti autentik. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut kapal selam yang membawa 53 manifes prajurit TNI AL itu tenggelam berdasarkan penemuan tumpahan minyak dan serpihan.

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti autentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," kata Hadi dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4).

BACA JUGA: