Inilah 8 Penyebab Yang Dapat Membatalkan Puasa Ramadhan

Berpuasa dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dan menjauhi segala yang membatalkan puasa.


Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim, selain melaksanakan kewajiban - kewajiban pada saat puasa dan juga harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.


Berikut beberapa yang dapat membatalkan puasa ramadhan.

1. Makan Dan Minum Dengan Sengaja

Pada saat menjalankan ibadah puasa ramadhan dan melakukan makan dan minum dengan sengaja dapat membuat puasa menjadi batal. Maka wajib mengganti puasa di luar bulan Ramadhan.

2. Muntah Dengan Sengaja 

Puasa akan batal jika muntah dengan sengaja dan muntahannya tertelan dengan sengaja. 

3. Berhubungan Suami dan Istri Di Siang Hari

Melakukan hubungan Intim suami istri pada saat siang hari di bulan puasa dramadhan dapat membatalkan puasa dan harus menggati puasa di luar bulan Ramadhan. 

Mereka juga harus membayar kafarat salah satu dari 3 pilihan, yaitu memerdekakan seorang budak, atau jika tidak mampu mesti berpuasa 2 bulan berturut-turut, atau jika tidk mampu, memberi makan 60 orang miskin.


4. Haid Atau Nifas

Batal puasa jiga seorang wanita yang mengalami haid atau nifas saat berpuasa,  wajib mengati puasa di luar bulan Ramadhan.

5. Ganguan Jiwa atau Gila

Apabila seseorang mendadak ganguan jiwa atau gila ketika sedang mengerjakan ibadah puasa ramadhan, maka puasanya batal. Puasa yang diwajibkan untuk umat Islam yang baligh (dewasa), berakal sehat, dan tidak terkena halangan.

6. Murtatd

Jika seseorang keluar dari agama Islam, maka puasa orang tersebut batal. Yang termasuk dalam kategori murtad adalah mengingkari keesaan Allah atau mengingkari hukum syariat.

7. Keluar Air Mani Dengan Sengaja

Keluarnya air mani yang terjadi karena sentuhan kulit meski tanpa hubungan seksual, maka puasanya akan batal.

Nah itulah beberapa penyebab yang dapat membatalkan puasa Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat.