Cegukan Saat Berpuasa? Begini Solusi Mengatasi Cegukan Saat Berpuasa !!

(Foto: ilustrasi)

Pasti pernah kalian mengalami cegukan, cegukan sangat mengganggu. Terlebih saat menjalankan ibadah puasa.


Nah jangan kawatir, ada banyak cara untuk mengatasi cegukan saat berpuasa.

Cegukan terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan. Otot diafragma adalah struktur yang berada di bawah ulu hati dan di atas perut.


Penyebab terjadinya cegukan.

- Makan terlalu banyak saat sahur
- Minum Minuman yang bersoda saat sahur
- Perubahan suhu yang mendadak
- Pengaruh Emosi, Emosi yang meluap  dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.

Berikit Cara Mengatasi Cegukan Saat Berpuasa


1. Menahan Napas 

Menahan napas juga bisa menghilangkan cegukan loh cara ini terbilang sangat mudah. Caranya dengan menahan napas dalam 10 hitungan lambat sebelum akhirnya kembali bernapas biasa. Hal ini dapat dilakukan 3-4 kali setiap 20 menit selama masih mengalami cegukan.

2. Bernapas Dalam Kantong Kertas

Mengunakan kantong kertas juga bisa mengatasi cegukan saat berpuasa loh. Caranya, klian tinggal bernapas dalam kantong kertas tersebut, hirup udara lalu buang dalam kantong kertas tersebut berulang kali.

3. Menekuk Lutut dan Tempelkan Ke Dada

Menekuk lutut hingga menempel di dada  akan menekan area diafragma sehingga udara yang terjebak dapat keluar. Pertahankan posisi tersebut selama 2 menit untuk mengatasi cegukan saat puasa.

4. Memijat Di Bagian Ulu Hati

Cobalah memijat lembut menggunakan ujung jari-jari selama 20-30 detik di area ulu hati,  karena otot-otot diafragma letaknya tepat di bawah ulu hati atau di atas perut.


Cegukan membuat Anda tidak nayaman saat melakukan puasa, sebaiknya lakukanlah cara yang sudab dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat informasinya.

BACA JUGA: