7 Manfaat Buah Semangka Yang Dikonsumsi Secara Rutin

Semangka adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan air yang tinggi, buah yang begitu menyegarkan dan baik untuk kesehatan Anda.


Semangka kaya akan nutrisi yang baibagi tubuh kita seperti,  A, vitamin C, vitamin B6, likopen, antioksidan dan juga asam amino. 

Buah semangka sangat populer dikalangan orang yang sedang menjalankan program diet secara alami karena semangka ini bebas lemak dan sodium, sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin diet.


Berikut beberapa manfaat buah semangka yang di rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Nyeri Otot

Mengonsumsi buah semangka secara rutin juga dapat mengurangi nyeri otot. Dalam sebuah penelitian, atlet yang mengonsumsi jus buah semangka sebelum latihan dapat membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya. 

2. Menurunkan Peradangan

Mengonsumsi buah semangka juga dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif, karena kaya akan antioksidan anti-inflamasi, likopen dan vitamin C.

3. Membatu Menurunkan Tekanan Darah 

Buah semangka menjadi salah satu buah yang di anjurkan untuk membatu menurunkan tekanan darah. 

Semangka memiliki kandungan citrulline  yaitu asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrogen oksida dalam tubuh, sehingga dapat membantu melebarkan pembuluh darah.


4. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Rambut

Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi, hal ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Selain dapat dikonsumsi buah semangka juga dapat dijadikan sebagaj masker wajah.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah semangka memiliki kandungan likopen yang bermanfaaf melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. 

6. Mengingkatkan Fungsi Pencernaan

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan sedikit serat, keduanya sangat penting dalam meningkatkan fungsi pencernaan.

Nah itulah beberapa Manfaat mengonsumsi buah semangka dengan rutin. Semoga informasi ini bermanfaat.