Jarang Diketahui Banyak Orang, 5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing !!


Tanaman Kumis Kucing, tanaman ini sering kita jumpai di depan rumah sebagai hiasan, tetapi selain indah bunganya dan menyerupai kumis kucing ini tanaman ini mempunyai berbagai manfaat untuk menyembuhkan penyakit loh. 

Dikutip dari Wikipedia  istilah kumis kucing disebut dengan Orthosiphon aristatus tanaman ini  termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae.

Nah yuk apa saja manfaat dari tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut manfaat tanaman kumis kucing.


1. Membantu Proses Detoks Tubuh

Membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Minuman herbal ini juga dapat di campur dengan bahan herbal lain seperti jahe.

2. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Seseorang yang terkena gangguan Saluran Kemih biasanya disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing dipercaya efktif membersihkan traktat dan melancarkan saluran kemih.

3. Obat Diet Alami

Kumis kucing juga bermanfaat sebagai obat diet alami. Daun kumis kucing dianggap dapat membantu meningkatkan aliran urine, yang katanya dapat  membantu seseorang menurunkan berat badan.


4. Anti Jamur

Kandungan yang ada di dalam kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh.

5. Meredakan Batuk 

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah dapag meredakan batuk. Kumis kucing juga berkhasiat dapat meredakan batuk dan radang tenggorokan. Cara mengolahnya rebus daun kumis kucing 1 gelas air. Minum air rebusannya 3 kali sehari.


Walaupun kumis kucing terdapat segudang manfaat di dalamnya. Akan tetapi jangan mengonsumsinya dalam jangka waktu panjang. Tetapi mengonsumsi kumis kucing dalam jangka waktu panjang dapat mengurangi kadar natrium dalam tubuh. 


Tidak ada komentar untuk "Jarang Diketahui Banyak Orang, 5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing !!"