5 Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Malam Hari !!


Tidur merupakan proses penting untuk menjaga tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jika kurang tidur dapat menimbulkan berbagai penyakit berbaya. 

Beberapa orang  yang mengalami kesulitan tidur tanpa sebab-sebab yang jelas. Badan telah dibaringkan akan tetapi mata tidak mau terpejam, sementara pikiran terus terjaga. Biasanya mereka baru bisa tidur dini hari, itu pun kurang nyenyak. 

Penyebab Susah Tidur

Seseorang dapat mengalami insomnia apabila kondisi sulit tidur dialaminya selama beberapa hari atau seminggu. Sementara itu insomnia kronis bisa terjadi selama berbulan-bulan atau lebih.

Nah bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Berikut cara mengatasi susah tidur yang alami.

1. Batasi Pengunaan Gadget Atau Hp Pada Malam Hari

Cara mengatasi susah tidur yaitu dengan cara tidak melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Blue Light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan membuat Anda sulit untuk tidur.

2. Olahraga Pada Sore Hari

Olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga.

3. Mandi Air Hangat

Dianjurkan mandi air hangat pada sore hari dan minum susu hangat menjelang tidur dan matikan atau kecilkan lampu penerangan di kamar.

4. Mendengarkan Musik Yang Membuat Rileks

Mendengarkan musik yang rileks juga dapat membuat anda tidur dengan nyaman dan juga akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Bahkan, metode ini juga dapat digunakan untuk meredakan gangguan tidur kronis seperti insomnia. Caranya dengan mulai menyetel musik yang Anda sukai selama 30 menit sebelum waktunya tidur. 

5. Batasi Waktu Tidur Siang

Tidur pada siang hari memang tidak dilarang. Akan tetapi, perlu diperhatikan durasi serta waktunya. Tidur siang yang terlalu lama dan terlalu mepet ke jam tidur malam bisa membuat Anda susah tidur. Sebaiknya, batasi waktu tidur siang selama 30 menit saja dan lakukan itu sebelum pukul 3 sore.


Nah itulah beberapa cara mengatasi sulit untuk tidur dimalam hari. Semoga informasi ini bermanfaat.


BACA JUGA:

6 Cara Memghilangkan Jerawat Secara alami

Apa itu Minyak Jojoba? Dan Apa Manfaat Minyak Jojoba?

7 Manfaat Madu Bagi Kesehatan tubuh