Inilah 5 Manfaat Buah Bidar Bagi Kesehatan Tubuh Anda !!

Buah bidara merupakan buah yang berasal dari Asia Selatan yang kaya akan nutrisi. Di Indonesia, buah ini dapat kita jumpai di daerah Sumba, Jawa, dan Bali.

Buah bidar mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh. Nah apa aja manfaat dari buah bidar? Berikut manfaat buah bidar yang dirangkum dari beberapa sumber bagi kesehatan tubuh kita.


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah bidar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Karena buah bidar mempunyai kandungan vitamin C pada 100 g. Vitamin ini berperan penting dalam mendukung kerja sel-sel imun untuk melawan infeksi ataupun menghasikan antibodi.

2. Menyehatkan saluran cerna

Manfaat buah bidara lainnya adalah membantu saluran cerna, seperti menghindarkan Anda dari diare. Mengonsumsi buah ini juga dapat membantu nafsu makan anda meningkat sehingga dapat digunakan untuk diet penambah berat badan yang baik.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kandungan saponin dan tanin dalam buah bidara bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon insulin dan meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel tubuh, khususnya pada saat terkena diabetes.

BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

4. Mencegah Terkena Kanker

Kandungan saponin, triterpenoid, dan alkaloid juga diyakini memiliki sifat antikanker. Meski demikian, khasiat buah bidara sebagai alternatif pengobatan bagi kanker pada manusia masih perlu diteliti lebih jauh.

5. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah bidara selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Karena buah bidar memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat berkat kandungan beragam senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berlebihan.


Nah itu beberapa manfat buah bidar bagi kesehatan anda. Semoga informasi ini bermanfaat.