Cara Membudidayakan Tanaman Porang !!

Apa itu tanaman porang? Dan bagaimana cara menanam dengan baik?

Tanaman porang adalah tanaman umbi-umbian dan masuk dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume. Porang mengandung banyak glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman.

Bisa dikatakan bahwa porang adalah salah satu tanaman lokal di Indonesia yang banyak tersebar di Pulau Jawa. Ini didukung oleh kontur tanah dan iklim di wilayah Jawa yang paling cocok untuk pertumbuhannya.

Untuk tumbuh, tanaman porang membutuhkan naungan sehingga dapat dibudidayakan sebagai tanaman sela pada hutan rakyat atau hutan tanaman.

Umbi dari tanaman porang dapat diolah menjadi bahan pangan. Dalam kata lain, dengan memanfaatkan umbi dari tanaman porang menjadi salah satu diversifikasi pangan--agar masyarakat tidak terpaku dengan satu tanaman saja untuk dikonsumsi.

Porang bisa menjadi makanan alternatif selain nasi. Selain itu, umbi porang juga telah terbukti dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, obat-obatan, dan bahan baku industri.

Cara Menanam Porang

Tanaman porang sangat baik bila ditanam pada musim hujan. Awalnya, cara menanam porang adalah masukkan bibit porang yang telah disiapkan ke dalam lubang tanaman yang sudah disiapkan.

Perlu diperhatikan bahwa letak bakal tunas tanaman porang harus menghadap ke atas. Kemudian pada setiap lubang tanah yang telah disiapkan tersebut harus diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam antara 1 kali 1 meter. Setelah selesai tutup kembali lubang dengan tanah setebal 3 sentimeter.

Itulah cara budidaya tanaman porang. Langkah selanjutnya adalah perawatan tanaman tersebut. Anda bisa melakukan pemupukan satu tahun sekali saat masuk musim hujan dengan pupuk urea 10 gram dan 5 gram SP 36.

Nah itulah cara menanam porang atau membudidayakannya.

Trimakasih telah membaca artikelnya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membudidayakan Tanaman Porang !!"