5 Manfaat Lidah Buaya Yang Harus Kamu Ketahui !!!


Lidah Buaya atau dikenal juga dengan aloe vera, adalah sejenis tumbuhan sukulen asli Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canary. Umumnya tanaman ini tumbuh di area yang udaranya kering dan tropis, seperti di Indonesia.

Beberapa  anfaat lidah buaya untuk kesehatan sudah terbukti sejak ribuan tahun lalu. Karena itulah, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi.

Nah apa aja sih manfaat lidah buaya untuk kesehatan? Yuk langsung simak dibawah ini sobat !!

1. Mengobati Luka Bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar secara topikal, dengan cara dioleskan ke kulit.

Lidah buaya terbukti efektif mengobati luka bakar, penggunaan lidah buaya ditemukan dapat mempercepat waktu penyembuhan luka bakar dengan sangat cepat, jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun.

3. Memperlambat Penuaan Kulit 

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah dapat memperlambat penuaan.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun, menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari ditemukan meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

4. Mengatasi Jerawat

Lidah buaya juga mampu mengatasi jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit.

Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi Anda yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

5. Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga sangat besar. Perlu diketahui bahwa kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan. Studi tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan lidah buaya pada rambut dapat membantu mengatasi masalah ini.

Nah itu lah beberapa manfaat Lidah Buaya dan masih banyak lagi manfaatnya. Terus ikutin artikel ini ya jangan sampai ketinggalan Updatenya.