Memperingati Hari Diabetes Sedunia 14 November



Setiap tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World  Day (WDD). Ini bertepatan dengan ulang tahun Sir Federick Banting, penemu insulin bersama Charles Best tahun 1922.

Dikutip laman World Diabetes Day, Hari Diabetes Dunia dicetuskan pada 1991 oleh International Diabetes federation (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Peringatan ini dibuat sebagai tanggapan atas kekhawatiran yang berkembang tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes.

WDD adalah kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau audiens global lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara.

Kampanye ini menarik perhatian pada kabar yang sangat penting bagi dunia diabetes dan menjaga agar diabetes tetap menjadi sorotan publik dan politik.

WDD tahun ini kampanyenya diwakili logo lingkaran biru, yang diadopsi pada 2007 setelah disahkannya Resolusi PBB tentang diabetes.

Lingkaran biru adalah simbol global untuk kesadaran diabetes. Ini menandakan persatuan komunitas diabetes global dalam menanggapi epidemi diabetes.

Adapun tema Hari Diabetes Sedunia yang diangkat tahun ini adalah The Nurse and Diabetes.